Breaking News:

Lingkungan Hidup

Taman Kehati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia, Tak Sekadar Lestarikan Flora dan Fauna

Pembangunan Taman Kehati di kawasan kampus IPB Dramaga ini bertujuan untuk melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah. Selain itu?

Istimewa
Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor, kolaborasi IPB University bersama Danone Indonesia. 

"Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) merupakan salah satu alternatif efektif untuk memulihkan ekosistem, meningkatkan keanekaragaman hayati lokal, dan mendukung konservasi flora dan fauna di luar kawasan hutan...”

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Berkolaborasi dengan IPB University, Danone Indonesia menghadirkan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor.

Pembangunan taman Kehati ini bertujuan untuk melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah.

Namun, tak hanya itu. Kehadiran Taman Kehati tersebut juga membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan akses air bersih bagi sivitas akademik IPB, serta sebagai pusat edukasi, inspirasi dan inovasi bagi banyak pihak.

Peresmian dilakukan oleh Wiratno selaku Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara virtual pada pertengahan Maret 2021.

Baca juga: Kerja Sama Kemendikbud dan Danone Indonesia Tingkatkan Edukasi Gaya Hidup di Satuan Pendidikan  

Baca juga: Danone Bantu Ibu Kantin Sekolah Manfaatkan Teknologi Digital

Kekayaan flora dan fauna

Sebagai salah satu negara yang dikenal mempunyai "mega biodiversity" jenis hayati dan merupakan "mega center" keanekaragaman hayati dunia, setidaknya sebanyak 10 persen atau lebih dari 25.000 jenis flora yang ada di dunia terdapat di Indonesia.

Sedangkan jenis fauna di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 jenis, meliputi mamalia, burung, reptil, hingga serangga. 

Namun, pertambahan populasi penduduk, meningkatnya aktivitas manusia, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup yang semakin besar mengakibatkan terjadinya peningkatan permintaan akan ruang yang dapat mengancam keseimbangan lingkungan.

Ketika kualitas lingkungan menurun, ekosistem akan terdegradasi dan sumber daya alam hayati dapat terancam kelestariannya.

Baca juga: Realme 8 Pro Meluncur, Ponsel Tipis dan Ringan dengan Kamera 108 MP, Ini Fitur Unggulannya

Baca juga: Aitamie dan Probarz, Hasil Kolaborasi Danone SN dan LIPI untuk Dukung Nutrisi Anak di Masa Pandemi

Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor, kolaborasi IPB University bersama Danone Indonesia.
Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor, kolaborasi IPB University bersama Danone Indonesia. (Istimewa)

Taman Kehati

Asep Sugiharta, Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, Biodiversitas atau Kehati merupakan salah satu elemen penting terkait dengan daya dukung lingkungan.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved