Breaking News:

Sudah Dilakoni Sejak 2018, Warga Satu RT di Tigaraksa Ini Kelola Sampah Jadi Pundi-pundi Rupiah

“Tujuan mengurangi sampah warga serta menghindari dari pemulung sampah liar dan membuat sampah berceceran ketika sudah diacak-acak

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Dedy
Warta Kota/Andika Panduwinata
Sejak tahun 2018 warga blok C RT 05/ RW 06 Sudirman Indah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang sepakat mendirikan Bank Sampah. Dengan tujuan memanfaatkan barang bekas rumah tangga bernilai ekonomis. 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA --- Upaya warga Blok C RT 05/06, Sudirman Indah, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai tidaklah sia-sia.

Sejak tahun 2018 warga blok C Sudirman Indah ini bersepakat mendirikan Bank Sampah.

Dengan tujuan memanfaatkan barang bekas rumah tangga bernilai ekonomis.

Bank Sampah diberi nama Kumpul Makmur ini beralamatkan di RT 05/RW 06 Perum Sudirman Indah Tigaraksa berdiri sejak 15 Desember 2018.

Ketua RT setempat Herman Jaliteng menceritakan pada awal mulanya ia mengajak warga memilah sampah yang bernilai ekonomi untuk dikumpulkan di satu karung yang disediakan oleh bank sampah dan diambil oleh pengurus yang sudah dibentuk.

“Tujuan mengurangi sampah warga serta menghindari dari pemulung sampah liar dan membuat sampah berceceran ketika sudah diacak-acak dan memberikan edukasi kepada warga tentang kebersihan lingkungan,” ujar Herman, Selasa (30/3/2021).

Herman yang kaya pengalaman berorganisasi ini melanjutkan Bank Sampah didirikannya memiliki struktur organisasi.

Mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara serta koordinator lapangan yang ada di tiap-tiap gang. “Bertugas untuk koordinir sampah dari tiap-tiap rumah,” ucapnya.

Sampah yang diambil di tiap-tiap rumah tersebut kemudian dikumpulkan di satu tempat.

Dengan memanfaatkan rumah kosong dan jika sudah banyak langsung dijual ke pengepul.

“Bank Sampah ini banyak manfaatnya memberikan ruang kepada warga yang tidak bekerja untuk tetap ada kegiatan bersama. Hasilnya sebagian kita kembalikan ke warga sebagai tujuan utama yaitu untuk membantu warga yang butuh bantuan,” kata Herman.

Sementara itu, Abdul Munir Syarif Mansyur selaku Ketua RW 06 Kelurahan Tigaraksa mengatakan sangat mendukung keberadaan Bank Sampah tersebut.

Harapan semoga Bank Sampah bisa membantu warga yang sedang kesusahan di masa pandemi Covid-19.

“Saya berharap RT lain yang berada di RW 06 Kelurahan Tigaraksa bisa mendirikan Bank Sampah, apalagi bisa memberikan pemasukan buat bantu kegiatan ke RT-an,” ungkap Munir.

Baca juga: Pandemi Covid Belum Reda, Lima Wajib Pajak di Depok Ini Menerima Keringanan Pembayaran PBB 2021

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved