Breaking News:

Masih Ada Kekurangan, Dinas Bina Marga DKI Kembali Uji Coba Flyover Tapal Kuda

berdasarkan hasil evaluasi pada uji coba pertama, masih banyak kekurangan dari sarana dan prasarana pendukung

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Twitter Geisz Chalifah
Kawasan sekitar tapal kuda di Lenteng Agung kini berhias warna-warni 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan kembali melakjukan uji coba flyover (FO) Tapal Kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan selama enam, yakni pada 1-6 April 2021.

Uji coba ini dilakukan setelah Dinas Bina Marga DKI Jakarta melengkapi sarana dan prasarana pendukung berdasarkan evaluasi dari ujic oba tahap pertama.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, Pemprov DKI telah melakukan uji coba tahap pertama selama tiga hari, pada 31 Januari 2021 sampai 2 Februari 2021.

Setelah diuji coba dan dievaluasi, Dinas Bina Marga DKI melengkapi sarana dan prasarana yang kurang, sehingga sekarang diputuskan untuk kembali diuji coba.

Baca juga: Empat Terduga Teroris yang Dibekuk di Jakarta, Bekasi dan Tangsel, Mengaku tak Terkait Kelompok JAD

Baca juga: Petugas Vendor Ditembak Perampok Saat Isi Uang ATM Dini Hari Satpam Juga Tak Berkutik Disuruh Tiarap

“Sebelum kami buka pasti ada uji coba dulu. Pertama kami sudah lakukan uji coba, lalu ada evaluasi dan kami kerjakan lagi (lengkapi sarana pendukung). Habis itu sekarang ujicoba kedua selama enam hari,” kata Hari, Selasa (30/3/2021).

Hari mengungkapkan, berdasarkan hasil evaluasi pada uji coba pertama, masih banyak kekurangan dari sarana dan prasarana pendukung. Di antaranya marka atau rambu, lampu flip flop, traffic light dan sebagainya.

“Termasuk penambahan jalur sepeda serta menambah pengaman FO di tikungan. Secara garis besar itu, karena ada sekalian finishing-finishing (penyelesaian) di beberapa bagian yang kurang,” ungkapnya.

“Kalau misalkan ada kekurangan, kami tutup lagi untuk dievaluasi. Habis itu kami buka secara resmi dan dibuka untuk umum,” tambah Hari.

Baca juga: Dua Tersangka Teroris Berbaiat ke JAD di Markas FPI, Ikut Rencanakan Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar

Baca juga: Densus 88 Ciduk 3 Terduga Teroris Perempuan, Berperan dalam Aksi Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar

Hari menilai, pengoperasian FO sangat berbeda dibanding jalan raya pada umumnya. Untuk pengoperasian FO, pemerintah harus memastikan bahwa penggunaannya layak dari sisi infrastruktur dan sarana pendukung lainnya.

“Setelah enam hari ujicoba nanti dicek lagi pergerakannya karena flyover itu kan berkaitan dengan risiko tinggi dan kenyamanan serta keamanan berkendara. Tidak seperti jalan raya, begitu diaspal langsung dibuka, kalau FO ini berkaitan dengan kajian dan evaluasi,” jelas Hari.

Seperti diketahui, melalui Instragram resmi miliknya @aniesbaswedan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, pemerintah kembali melakukan uji coba dua FO di Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan mulai tanggal 1-6 April 2021.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved