Breaking News:

Advertorial

5 Spending Habits yang Bisa Bikin Keuanganmu Sehat

Spending habits merupakan sebuah istilah yang mendeskripsikan kebiasaan seseorang dalam membelanjakan uangnya.

istimewa
Dengan tingkat suku bunga hanya 2,6% per bulan, Kredivo menawarkan opsi tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan bagi Anda yang mau pinjam dana. 

WARTAKOTALIVE.COM — Tidak cuma badan saja, di tengah pandemi seperti sekarang, keuangan diri sendiri juga harus diperhatikan, walaupun sekarang sudah banyak pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendadak, namun tidak bisa dipungkiri (dari dalam lubuk hati) jika masih ada limit yang tersisa, rasanya ingin sekali membelanjakan sesuatu untuk self rewards.

Hal tersebut sah-sah saja, asalkan Anda bisa bertanggung jawab untuk membayarnya ketika jatuh tempo, jika tidak, pinjaman online cepat cair bayar bulanan tersebut menjadi utang konsumtif dan Anda sudah bisa dipastikan memiliki spending habits yang boros, yang bisa merugikan diri sendiri.

Namun, apakah spending habits disini konotasinya selalu negatif? Tentu tidak, karena spending habits merupakan sebuah istilah yang mendeskripsikan kebiasaan seseorang dalam membelanjakan uangnya, hal ini juga bisa menentukan kondisi keuangan akan jadi sehat atau tidak.

Jadi, tergantung kebiasaan Anda, apakah Anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan produktif? Atau konsumtif? Semua ini mencerminkan keuanganmu sendiri.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa saja spending habits yang bisa membuat keuanganmu sehat. Simak ulasan berikut.

1. Menabung di Awal Bulan

Jika Anda sudah terbiasa check out semua wishlist di toko online yang sudah dikumpulkan dari berminggu-minggu lalu, atau belanja semua barang incaran di mall ketika gaji sudah turun, lebih baik semua dihentikan terlebih dahulu jika ingin mengubah spending habits yang burukuntuk kesehatan keuanganmu.

Lebih baik sisihkan langsung sekitar 20% gaji Anda untuk menabung di awal bulan, jadi Anda tidak menabung sisa uang di akhir bulan dengan nominal yang tidak pasti lagi. Jika dirasa Anda tidak bisa menabung, lebih baik buat tabungan berjangka di bank dengan sistem auto debet di tanggal gajian dari ATM Anda. Cara ini cukup ampuh bagi orang yang tidak biasa menabung.

2. Menyisihkan Dana Darurat

Sejatinya dana darurat adalah uang simpanan yang bisa Anda manfaatkan ketika Anda sedang mengalami musibah yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang dengan nominal besar secara mendadak. Jadi jika Anda sudah mempersiapkan hal ini, Anda tidak perlu lagi mengorbankan tabungan Anda, karena sudah ada dana darurat.

Halaman
123
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved