Kebakaran Kilang Minyak

Penampakan Video dari Udara Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu, Api dan Asap Hitam Meninggi

Hingga Senin siang,dalam pantauan video dari udara api dan asap hitam masih membubung tinggi pada kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu itu.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Mohamad Yusuf
IST
Sebuah video merekam detik-detik kebakaran di kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat milik PT Pertamina RU VI pada Senin (29/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kebakaran di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3/2021) tampak mencekam.

Warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu, berhamburan keluar rumah.

Bahkan hingga Senin siang,dalam pantauan video dari udara api dan asap hitam masih membubung tinggi pada kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu tersebut.

"Allahuakbar! Allahuakbar!" teriak seorang warga saat mendengar ledakan pada kebakaran di kilang minyak di Balongan, Indramayu itu.

Suasana saat kebakaran kilang minyak minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu itu pun tampak mencekam.

Di mana warga berhamburan keluar rumah, ketika api membubung tinggi, langit terlihat merah pada kebakaran kilang minyak Balongan Indramayu tersebut.

Suasana itu tampak dalam sebuah video yang direkam oleh warga kemudian diunggah oleh akun Instagram @actforhumanity.

Bahkan disebutkan bahwa api dalam kebakaran itu bisa terlihat dalam jarak 5 km.

Baca juga: Lelahnya Warga Perumahan Duta Harapan-Telaga Mas Bekasi, 24 Tahun Jalan Rusak Berat Luput Perbaikan

Baca juga: BIKIN MALU, Oknum Polisi Terima Setoran Rp500 Ribu Per Bulan dari Bandar Narkoba, Ini Kronologinya

Baca juga: Cerita Anies Nongkrong di Warkop, Malah Ditanya Pegawai Bea Cukai, Bapak Kerja di Mana?

Dikutip dari akun Instagram @actforhumanity disebutkan menurut info, besarnya kobaran api bahkan bisa terlihat dari jarak 5 kilometer dan membuat langit malam Indramayu merah menyala.

"Pukul 01.30 WIB para petugas pemadam kebakaran tengah berjibaku memadamkan api, namun belum bisa menjangkau seluruh lokasi mengingat masih banyak ruang-ruang dengan minyak yang berpotensi terbakar. Ruas jalan Indramayu-Cirebon pun sementara ditutup,"tulisnya.

"Belum diketahui penyebab kebakaran besar ini dan belum diketahui pula terkait korban jiwa mau pun korban luka (semoga tidak ada). Mohon doakan saudara-saudara kita di lokasi ya, sahabat!" tambahnya.

Warga di dekat lokasi kebakaran diinformasikan mengungsi di Pendopo Indramayu, GOR Patra Pertamina dan Islamic Center Indramayu.

Sementara itu dikutip dari Kompas.com, Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical Pertamina Ifky Sukarya mengatakan, kebakaran diduga akibat petir yang yang terjadi pada Senin dini hari.

"Jadi tangki di kilang RU VI Balongan terbakar pada pukul 00.45 WIB dan kebetulan saat itu sedang terjadi hujan besar dan diduga ada petir," ujar Ifky dalam wawancara kepada Kompas TV, Senin.

Baca juga: Suami Tusuk Teman yang Berhubungan Intim dengan Istrinya, Padahal 2 Bulan Menumpang di Rumahnya 

Baca juga: Korlantas Siap Luncurkan SIM Online Nasional, Perpanjang Masa Berlaku SIM Bisa dari Rumah

Baca juga: Sophia Latjuba Unggah Foto Pakai Baju Renang, Langsung Dibanjiri 2.700 Komentar, 50 and Still Hot

Ifky mengatakan, kebakaran terjadi pada salah satu tangki di kilang minyak, yakni tangki P300G. Meski demikian, Ifky mengatakan, penyebab pasti kebakaran masih harus dipastikan melalui penyelidikan lebih lanjut.

"Kebakaran terjadi saat hujan besar dan petir, salah satu tangki P300G terbakar. Untuk saat ini kami belum memastikan, menunggu informasi lebih lanjut," kata Ifky.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kilang Minyak Pertamina di Balongan Diduga Terbakar akibat Petir"

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved