Breaking News:

Kudeta di Myanmar

Aparat Militer Myanmar Tembaki Para Pelayat, Korban Sejak Kudeta Sudah Lebih Dari 450 Orang Tewas

total korban tewas sejak kudeta militer Myanmar 1 Februari 2021 menjadi 459 orang

Tribunnews.com
Seorang gadis 19 tahun bernama Angel tewas ditembak aparat militer dalam sebuah aksi damai menentang kudeta Myanmar. Ia dikenal juga dengan nama Kyal Sin. 

Wartakotalive.com - Militer Myanmar menembaki pelayat seorang korban kekerasan junta militer di Bago, Yangon.

"Saat kami menyanyikan lagu revolusi untuknya, pasukan keamanan baru saja datang dan menembak kami. Orang-orang, termasuk kami, lari saat mereka melepaskan tembakan," kata seorang wanita bernama Aye dalam prosesi pemakaman tersebut, pada Minggu (28/3/2021).

Selain itu, seorang balita berusia satu setangah tahun di Dagon Selatan, Yangon, terluka oleh tembakan pasukan keamanan yang berada di bawah pemerintah militer atau junta Myanmar.

Tak hanya itu, seorang pria di Kota Pathein, Ayeyarwaddy ditembak mati pada Minggu (28/3/2021) malam.

Dikutip dari Channel News Asia, pada hari yang sama sebanyak 13 orang tewas dalam insiden di wilayah lain.

Adapun sehari sebelumnya, yaitu pada Sabtu (27/3/2021) yang bertepatan dengan parade Hari Angkatan Bersenjata, 114 orang dibunuh oleh pasukan keamanan.

Dengan demikian, total korban tewas sejak kudeta militer Myanmar 1 Februari 2021 menjadi 459 orang.

Sementara itu, Komite Pemogokan Umum Kebangsaan (GSCN), yaitu satu di antara kelompok aktivis antikudeta, menyampaikan pernyataan dalam sebuah surat terbuka yang diunggah di Facebook.

GSCN mendesak kelompok etnis bersenjata untuk secara kolektif melindungi pemuda, wanita, anak-anak dan orang tua yang menentang kekuasaan militer.

Diberitakan sebelumnya, pertempuran sengit telah meletus antara pasukan keamanan dan beberapa dari dua lusin kelompok etnis bersenjata yang menguasai sebagian besar negara.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved