Breaking News:

Berita Bekasi

Pemkab Bekasi Anggarkan Rp 6 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkades Serentak

Anggaran sebesar Rp 6 miliar telah disalurkan untuk pelaksanaan Pilkades yang akan digelar pada 4 April 2021.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Suasana Pilkades Serentak tempat pemungutan suara (TPS) 24 Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (20/12/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI----Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menganggarkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk pelaksanaa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

Anggaran itu telah disalurkan untuk pelaksanaan Pilkades yang akan digelar pada 4 April 2021.

Kabid Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah mengatakan, anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk mendukung kesuksesan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Baca juga: Detik-detik 2 Pelaku Bom Bunuh Diri Dicegah Security saat Memaksa Masuk Gereja Katedral Makassar

Baca juga: Jaga Performa Mobil Daihatsu Tetap Prima, Simak Beberapa Hal Penting Berikut Ini

Total ada sembilan desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak.

“Jadi kebutuhan anggaran itu untuk biaya peralatan untuk pencoblosan di TPS, lalu honor petugas pemilihan, maupun operasional pengamanan aparat Kepolisian dan TNI serta kebutuhan lainnya," katanya belum lama ini.

Ia menyebutkan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkades Serentak Kabupaten Bekasi tahun ini sebanyak 223 TPS, jumlah itu lebih banyak dibandingkan saat situasi normal.

"Kita anggarkan per TPS sekitar Rp 20 juta. Jumlah TPA banyak karena kan tiap TPS dibatasi hanya untuk 500 pemilih saja," ujarnya.

Baca juga: Saksi Mata Ungkap Anak-anak Jadi Korban Bom di Gereja Katedral Makassar, Alami Pendarahan Hebat

Maman menjelaskan, seluruh tahapan Pilkades sudah dijalankan panitia dengan baik. Pada 26-27 Maret, tahapan sudah memasuki penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Proses penetapan DPT, kata Maman, dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penggelembungan suara saat pemilihan. 

Sebelumnya, Pemkab Bekasi telah menggelar Deklarasi Damai yang dihadiri 33 calon kepala dari 9 desa di 7 kecamatan, yang berlangsung di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis (25/3/2021). 

Pada deklarasi yang juga dihadiri unsur Forkopimda tersebut, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berharap agar Pilkades Serentak tahun 2021 dapat berjalan dengan aman dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. (MAZ)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved