Breaking News:

Berita Nasional

Kebut Pemulihan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Dorong Program Prakerja Masuk ke Desa Wisata

Kebut Pemulihan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Dorong Program Prakerja Masuk ke Desa Wisata. Berikut Selengkapnya

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno ketika meninjau program Prakerja di Kota Prapat, Danau Toba, Sumatera Utara pada Sabtu (27/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong program Kartu Prakerja agar dapat menjangkau banyak desa-desa wisata di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno, dalam pertemuannya dengan peserta program Prakerja di Kota Prapat, Danau Toba, Sumatera Utara pada Sabtu (27/3/2021).

"Saya sangat mengapresiasi program kartu pra kerja, apalagi program ini sudah di launching di lima destinasi wisata super prioritas," ujar Sandiaga Uno dalam siaran tertulis pada Sabtu (27/3/2021). 

Menurut Sandiaga Uno dengan dimulainya program Prakerja masuk ke Desa Wisata di Danau Toba diharapkan dapat membangkitkan harapan, membangkitkan semangat, memupuk motivasi masyarakat sekitar.

"Sehingga masa depan kita di tengah pandemi ini semakin cerah untuk kebangkitan dan pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata," lanjut Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan dengan keberadaan program Prakerja ini dapat membuka peluang mencari kerja, meningkatkan kompetensi, sekaligus membuka dan menciptakan lapangan kerja.

Baca juga: Tak Sesuai Peruntukan hingga Cemari Lingkungan, 4 Batching Plant di Jakarta Selatan Bakal Dibongkar

"Tidak hanya di Kota Prapat, tapi juga di desa-desa wisata di sekitar Danau Toba bisa disentuh Program Pra Kerja. Dari total 8 juta yang masuk ke Prakerja ini, yang dibantu tidak hanya urban, tapi pedesaan juga perlu tersentuh," tutur Sandiaga Uno.

Kemenparekraf memastikan dengan program Prakerja dapat membantu Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

Diharapkan dari total sebanyak 34 juta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, ada sebanyak 25 persen di antaranya masuk dalam program Prakerja.

Baca juga: Ahmad Muzani Minta Kader Gerindra Sukseskan Vaksinasi Demi Pemulihan Ekonomi Bali

Selain insentif sebesar Rp 600.000 yang dikali empat bulan, pemerintah juga menyiapkan KUR Super Mikro untuk alumni program Prakerja, yakni bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman berkisar Rp 2,5-10 juta.

"Sukses untuk program Prakerja dan Rumah Kerja. Mari kita sama-sama dukung, Terima kasih atas kerja sama, kita tunggu di destinasi-destinasi pariwisata lainnya," tutupnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved