Breaking News:

Tabrak Lari Kelapa Gading

Ditlantas Polda Metro Jaya Gunakan TAA Olah TKP Lokasi Tabrak Lari Satu Keluarga di Kelapa Gading

Ditlantas Polda Metro Jaya melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus tabrak lari satu keluarga di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ditlantas Polda Metro Jaya melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus tabrak lari satu keluarga di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus tabrak lari satu keluarga di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/3/2021). 

Proses olah TKP dipimpin Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dengan ditemani Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar. 

Sejumlah petugas membuat tanda seperti gambar orang menggunakan cat semprot dan kapur tulis bertuliskan ibu, bapak serta anak. Jarak antara korban satu dan lainnya juga diukur oleh petugas.

Sambodo menceritakan olah TKP dengan traffic accident analysis (TAA) ini merupakan yang ketiga kali untuk mencari rangkaian peristiwa sebelum, sesaat hingga sesudah kecelakaan terjadi.

Baca juga: Ditlantas PMJ Analisa TKP Tabrak Lari di Kelapa Gading, Posisi Anak Tergeletak di Samping Ayahnya

Baca juga: VIDEO Pelaku Tabrak Lari Satu Keluarga di Kelapa Gading Sudah Teridentifikasi

"Karena pada saat olah TKP pertama dan kedua kita belum dapat CCTV-nya, sehingga kemudian kita cek ulang kembali posisi akhirnya," kata Sambodo. 

Petugas mencocokkan posisi awal dari korban maupun kendaraan yang terlibat saat peristiwa kecelakaan berlangsung. Hal itu memudahkan proses scanning alat TAA yang dibaca penyidik.

"Maka penyidik mampu melihat, mensimulasikan bagaimana terjadinya kecelakaan tersebut baik awal pada saat terjadinya dan pada saat posisi akhir," jelas Sambodo.

Sambodo berharap dengan adanya olah TKP ketiga ini dan dengan bantuan alat TAA dapat segera mengungkap kejadian yang sebenarnya.

"Mudan-mudahan dengan TAA ini kita juga segera dapat mengungkap kecepatan dari kendaraan Mercy hitam tersebut pada saat sebelum dan pada saat terjadi laka tersebut," tuturnya.

Apalagi TAA tersebut memiliki akurasi yang cukup baik. Pasalnya, alat serupa telah digunakan untuk penanganan kasus-kasus lainnya.

Baca juga: Ada Bukti rekaman CCTV, Pelaku Tabrak Lari Satu Keluarga di Kelapa Gading Sudah Teridentifikasi

Baca juga: Satu Keluarga Jadi Korban Tabrak Lari di Kelapa Gading, Pelaku Diduga Warga Setempat

"Termasuk dalam perkara kemarin, perkara tabrak lari yang di Bundaran HI, perkara yang di Pasar Minggu, dan akurasinya sangat baik," ucapnya.

Sebelumnya kecelakaan yang melibatkan satu unit mobil dan tiga pejalan kaki terjadi di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/3/2021). 

Ketiga orang yang menjadi korban dan masih satu keluarga itu yakni Tonymin Salim (41), istrinya Elly (42), dan anaknya Jayden (9).

Belakangan pelaku tabrak lari MRK (21) telah diamankan petugas.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved