Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran 2021, Kemenhub Menunggu Arahan dari Presiden Jokowi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan masih menunggu arahan dari pemerintah pusat, terkait pelaksanaan Mudik lebaran 2021 nanti.

Editor: Valentino Verry
dephub.go.id
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polri terkait persiapan Mudik Lebaran 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan masih menunggu arahan dari pemerintah pusat, terkait pelaksanaan Mudik lebaran 2021 nanti.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polri terkait persiapan Mudik Lebaran 2021.

"Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan Polri terkait persiapan Mudik Lebaran 2021, tetapi kita tetap harus menunggu kebijakan pemerintah terkait hal tersebut seperti apa," kata Budi di UPPKB Kemang, Bogor, Rabu (24/3/2021).

Selain itu Budi juga mengungkapkan, telah melakukan rapat dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam rapat tersebut, tentang kebijakan Mudik Lebaran 2021 masih menunggu arahan presiden.

Baca juga: PT KAI Tunggu Aturan Pemerintah Terkait Mudik Lebaran 2021

Baca juga: Kemenhub Mengajak 20 Pemangku Kepentingan Diskusikan Pelaksanaan Mudik Lebaran 2021

"Kami tentunya harus memperhatikan kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19, untuk melaksanakan kegiatan Mudik Lebaran 2021," ucap Budi.

Meski Kemenhub sebagai koordinator lalu lintas, lanjut Budi, persiapan mudik tahun 2021 ini bukan hanya soal sarana dan prasarana saja tetapi menyangkut penanganan Covid-19.

"Utamanya, kita harus melihat penanganan Covid-19 dan kita harus hati-hati dalam melaksanakan kegiatan yang menyangkut mobilitas banyak orang," ucap Budi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan diskusi dengan 20 pemangku kepentingan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan hingga Pertamina terkait persiapan mudik lebaran 2021," kata Budi di Stasiun Jatinegara, Sabtu (20/3/2021).

Koordinasi ini, lanjut Budi, tentunya adalah mandat dari Kemenhub untuk melakukan persiapan kegiatan lalu lintas termasuk lebaran melalui diskusi.

Baca juga: Mudik Lebaran 2021 Picu Polemik, Ahli Epidemiologi dan Satgas Covid Minta Dibahas Lagi

Baca juga: Menhub Budi Karya Tak Akan Larang Mudik Lebaran 2021, Sejumlah Prokes Lebih Diperketat

"Dalam diskusi ini, saat ini kami telah berdiskusi seperti apa nanti teknis di lapangan dalam pelaksanaan mudik. Diskusi ini tentunya dengan Kapolri," kata Budi.

Selain itu Budi juga menjelaskan, untuk kebijakan mudik lebaran 2021 juga Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 untuk seperti apa pelaksanaan mudik nanti.

Selain itu juga disampaikan, penggunaan kendaraan listrik dapat membuat ekosistem yang lebih ramah lingkungan dan menjadikan udara lebih bersih.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved