Breaking News:

Uji Coba PTM di Kabupaten Bogor Berbuntut Masalah, Ombudsman Panggil Satgas Covid-19

“Kami telah melakukan sidak (inspeksi dadakan) di beberapa sekolah yang melakukan PTM di Kabupaten Bogor,” kata Teguh

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Suasana pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 1 Cisarua, Kabupaten Bogor 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG --- Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang digelar di 170 sekolah di Kabupaten Bogor dari tingkat SD hingga SMA sejak 15 Maret 2021 lalu, berbuntut masalah.

Pihak Ombudsman Jakarta Raya kemudian memanggil pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor untuk diperiksa terkait pelaksanaan PTM di wilayahnya.

Kepala Perwakilan Om­buds­man Jakarta Raya Teguh P. Nugroho mengatakan ada maladministrasi dalam kebijakan uji coba PTM tersebut.

“Kami telah melakukan sidak (inspeksi dadakan) di beberapa sekolah yang melakukan PTM di Kabupaten Bogor,” kata Teguh kepada Wartakotalive.com, Rabu (24/3/2021).

Menurut dia, ada dua temuan yang didapatkan terkait regulasi dan kesiapan sekolah dalam menggelar PTM.

“Dari sisi regulasi, kami mendapati SK penetapan PTM di Kabupaten Bogor untuk seluruh tingkatan pendidikan termasuk Pendidikan Agama Islam dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor,” papar Teguh.

Padahal jika merujuk pada SKB 4 Menteri tentang panduan pelaksaan PTM di masa Covid-19, lanjut dia, kewenangan penetapan PTM untuk pendidikan menengah atas dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi, Pendidikan Dasar oleh Kabupaten/Kota dan Pendidikan Agama Islam dikeluarkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi.

“Penetapan kewenangan tersebut tentunya bukan tanpa alasan, Pemerintah Pusat telah mempertimbangkan kewenangan, kemampuan penyediaan sarpras, dan fungsi pengawasan yang harus dilakukan oleh masing-masing intansi” lanjut Teguh.

Pelanggaran regulasi PTM di Kabupaten Bogor ini akan berdampak pada fungsi tanggung jawab, dan pengawasan.

“Kalau ada klaster baru Covid-19 di satuan pendidikan SMA/SMK atau pendidikan keagamaan, Disdik Provinsi Jawa Barat dan Kemenag akan mudah lepas tanggung jawab karena mereka tidak mengeluarkan SK PTM,” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved