Breaking News:

ETLE

Kapolda Metro Jaya Sebut ETLE Mobile Menyasar Pengendara yang Kebut-kebutan Akhir Pekan

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan selain memiliki 98 kamere ETLE statis, pihaknya juga memiliki 30 kamera ETLE mobile atau portable.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Budi Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Wagub DKI Riza Patria, usai menyaksikan launching ETLE nasional di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan selain memiliki 98 kamere ETLE statis, pihaknya juga memiliki 30 kamera ETLE mobile atau portable yang dilaunching, Sabtu (20/3/2021) lalu.

Selain menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas seperti kamera ETLE statis, kata Fadil, 30 kamera ETLE mobile akan juga menyasar pengendara yang kebut-kebutan pada hari Sabtu dan Minggu.

"Kita akan uji coba ETLE Mobile untuk Sabtu dan Minggu, khusus bagi yang kebut kebutan. Jadi nanti mobil patroli akan ikut dari belakang, mereka tidak usah kita tindak langsung. Nanti akan kita potret, nanti akan diidentifikasi," kata Fadil di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021).

"Jadi silahkan yang mau kebut-kebutan, akan saya turunkan tim pemburu hidden atau kamera tersembunyi nanti tinggal terima buktinya," kata Fadil.

Ia memastikan pengendara yang kebut-kebutan akan menerima surat tilang dari Direktorat Lalu Lintas, apabila melakukan sunday morning (sunmori) dan night ride yang beresiko kepada pengendara yang lain. "Ini bukan menebar ancaman, tapi memberitahukan," ujarnya.

Baca juga: Irjen Fadil Imran Sebut Jakarta Jadi Pelopor ETLE Nasional

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Luncurkan ETLE Nasional di 12 Polda

Baca juga: ITW Ingin Kebijakan ETLE Jangan Mempersulit dan Jadi Alat Mendulang Denda Tilang

Karenanya Fadil mempersilakan pengendara yang akan menggelar sunmori atau night ride tapi dengan sopan dan beretika. 

"Ini program pak Kapolri yang luar biasa. Dalam waktu 60 hari beliau menjabat, ini sudah kita kerjakan. Jakarta ini etalase republik Indonesia, Ibu Kota negara. Salah satu cerminan kota yag beradab, kota yang berbudaya, kota yang beretika adalah tertib berlalu lintas," katanya.

"Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada mereka yang masih sering sunmori kemudian night ride yang beresiko, berhentilah. Karena kamera etle akan bekerja mengintai anda," katanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnono Yogo mengatakan sejak dilaunching, ETLE mobil sudah menangkap sejumlah pelanggaran lalu lintas.

"Untuk ETLE mobile, Ini kepada mereka yang melakukan pelanggaran seperti kecepatan, berpindah lajur atau ugal-ugalan, pelanggaran lainnya, misalnya melawan arus. Semua itu akan kita data melalui ETLE mobile di titik yg belum ada ETLE statis," kata Sambodo.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved