Breaking News:

ETLE

Irjen Fadil Imran Sebut Jakarta Jadi Pelopor ETLE Nasional

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan Jakarta menjadi salah satu Polda atau provinsi yang turut andil dalam mewujudkan ETLE.

Warta Kota/Budi Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Wagub DKI Riza Patria, usai menyaksikan launching ETLE nasional di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan Jakarta menjadi salah satu Polda atau provinsi yang turut andil dalam mewujudkan, melaksanakan dan menegakan hukum berbasis teknologi atau tilang elektronik.

Karenanya kata dia, Jakarta adalah kota yang lebih dulu menerapkan ETLE di Indonesia dan merupakan pelopor ETLE Nasional.

"Jakarta menjadi pelopor ETLE nasional. Kami berharap dengan adanya ETLE ini, indeks ketertiban berlalu lintas masyarakat di jakarta semakin membaik," kata Fadil usai menyaksikan peluncuran ETLE Nasional oleh Kapolri secara virtual di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021).

Data dari Dirlantas Polda Metro Jaya kata Fadil di titik yang ada kamera ETLE terjadi penurunan signifikan pelanggaran lalu lintas. 

"Dari tahun 2019 sampai 2020 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin rata-rata turun sebanyak 64 persen pelanggaran lalu lintas. Di sini ada Wakil Gubernur, dan Kejati dan tentu kami Polri tidak bisa berdiri sendiri dalam melakukan penegakkan ETLE dan dukungan anggaran," kata Fadil.

Ia berharap dalam waktu dekat di tahun 2021 jakarta menambah lagi 60 titik kamera ETLE.

Baca juga: ITW Ingin Kebijakan ETLE Jangan Mempersulit dan Jadi Alat Mendulang Denda Tilang

Baca juga: VIDEO 30 Kamera ETLE Mobile yang Dilaunching Polda Metro Belum Terkoneksi ke TMC dan Database Ranmor

Baca juga: Polda Metro Jaya Luncurkan 30 Kamera ETLE Mobile, Setiap Kamera Dapat Merekam Selama 4 Jam

Saat ini kata dia sudah ada 98 kamera ETLE di ruas jalan utama Jakarta dan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kami berharap dalam waktu dekat kabupaten kota yang menjadi penyangga jakarta, seperti Depok, Tangerang, Bekasi, tadi ada Wali Kota Depok, ada Bupati Kabupaten Bekasi,  Wali Kota Tangerang, dan Wali Kota Bekasi juga, semoga berpartisipasi membangun kamera ETLE yang ada di kabupaten masing-masing. Sehingga di Jakarta, bukan hanya ibu kota, tapi wilayah penyangganya memiliki ETLE," papar Imran.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengaku Pemprov DKI sangat senang dengan adaya launching program ETLE Nasional.

"Dan Alhamdulillah Polda Metro Jaya atau Jakarta menjadi pelopor. Tentu kami atas nama Pemprov DKI dan atas nama warga DKI menyambut baik, dan mendukung sepenuhnya tidak hanya pembiayaan melalui program tapi juga di pemerintahan melalui Dishub kami akan mendukung sepenuhnya," kata Riza.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved