Breaking News:

All England 2021

Tim Bulu Tangkis Indonesia 'Terusir' dari All England 2021, BWF Minta Maaf ke Presiden Joko Widodo

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa BWF meminta maaf dan mengakui bahwa mundur paksa Indonesia di All England 2021 adalah kesalahan mereka.

Kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali sebut BWF telah meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo usai tim bulu tangkis Indonesia 'terusir' dari All England 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebelum menyambut kedatangan Tim Bulu Tangkis Indonesia di Bandara Soekarno Hatta yang dijadwalkan tiba pada Senin (22/3/2021) pukul 20.00 WIB, Menpora Zainudin Amali lebih dulu memberikan pernyataan soal kelanjutan kasus tim Indonesia di turnamen All England 2021 di Birmingham, Inggris.

Zainudin mengatakan bahwa atas kinerja dari berbagai pihak, mulai dari PBSI, Menteri Luar Negeri, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Kemenpora, KOI, dan KONI, akhirnya Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) meminta maaf dan mengakui bahwa kejadian tim Indonesia di Inggris adalah kesalahannya.

Sebelumnya, Zainudin mengecam keras BWF atas insiden dipaksa mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari turnamen All England 2021.

Bahkan, Zainudin menilai bahwa BWF tidak transparan, diskriminasi, dan tidak adil kepada atlet Indonesia.

Dia juga menyerukan agar kepengurusan BWF direformasi.

“Hal yang perlu yang saya informasikan bahwa ketika kita mengkritik BWF, kami sampaikan bahwa kami sudah melakukan dua kali konferensi pers. Itu sudah dapat tanggapan dari presiden BWF. Suratnya ditujukan kepada saya sebagai Menpora,” kata Zainudin.

Baca juga: Buntut Pengusiran Indonesia di All England 2021, Menpora Minta PBSI dan NOC Reformasi Pengurus BWF

Baca juga: All England 2021 Tanpa Indonesia, Jepang Borong 4 Gelar, Malaysia Rebut Gelar Juara Tunggal Putra

Baca juga: Ditolak Bertanding Dalam All England 2021, Sekjen DPN Barikade 98 Minta Jokowi Kirim Nota Protes

“Pada intinya, BWF merasakan apa yang dialami oleh tim bulu tangkis kita. Perasaan sakit hati bahkan frustasi, demikian dalam kata-katanya dalam surat,” ujar Zainudin.

"Maka atas kejadian itu, Presiden BWF menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri, kepada kami (Kemenpora), PBSI dan seluruh stakeholder bulu tangkis di Tanah Air," tutur Zainudin.

"BWF menyampaikan pengakuan bahwa Indonesia merupakan negara  besar untuk olahraga bulu tangkis dan bulu tangkis menjadi icon kebanggaan kita, khususnya di pentas-pentas dunia,” terang Zainudin.

Setelah mendapatkan respons dari BWF, Zainudin pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu, termasuk perhatian dari Presiden Joko Widodo.

Halaman
123
Penulis: Abdul Majid
Editor: Sigit Nugroho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved