Breaking News:

Narkoba

Polda Metro Jaya Ungkap Rumah Produksi Tembakau Sintetis Jaringan Napi Lapas di Ibu Kota

Polda Metro Jaya Ungkap Rumah Produksi Tembakau Sintetis Jaringan Napi Lapas di Ibu Kota. Berikut Selengkapnya

Warta Kota
Konferensi Pers pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (22/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM,, SEMANGGI - Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat peredaran tembakau sintetis di Ibu Kota.

Tercatat ada sebanyak delapan orang tersangka, termasuk seorang narapidana yang kini mendekam di salah satu lapas di DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sindikat peredaran tembakau sintetis itu dikendalikan oleh V, salah seorang napi di Lapas di Jakarta yang terjerat kasus serupa.

Sedangkan ketujuh pelaku lainnya, antara lain HA, EM (perempuan), M alias Tunggir, RZ, NPS, RSW dan EA berperan sebagai produsen di rumah produksi yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara; Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur dan Kabupaten Bandung.

Tembakau sintetis hasil produksi mereka terbukti mengandung narkoba jenis baru, yakni MDMB 4en PINACA yang terlarang sesuai Permenkes Nomor 5 tahun 2020, tentang perubahan penggolongan narkotika.

Dari semuanya petugas berhasil menyita 5,5 kg tembakau sintetis mengandung narkoba serta bahan baku dan peralatan pembuatnya.

"V ini yang mengajarkan EM cara membuat tembakau sintetis melalui video call atau media sosial.  V juga yang menyediakan lokasi home industri serta menyiapkan semua peralatan dan bahan baku yang diperlukan," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/3/2021).

Selain itu kata Yusri, penjualan dan peredaran tembakau sintetis hasil produksi mereka dipasarkan melalui media sosial pula. 

Yusri menjelaskan terungkapnya kasus iniberawal adanya informasi dari masyarakat tentang peredaran tembakau sintetis di Jakarta dan Bekasi.

Baca juga: Miris, Sambil Boncengi Anak, Seorang Pria Nekat Jambret Lansia di Tamansari, Jakarta Barat.

"Kemudian pada Selasa tanggal 02 Maret 2021 sekitar pukul 01.30 WIB di Kontrakan Haji Toto di Jalan Nakula No 10 Margahayu Jaya Bekasi Timur, diamankan tersangka HA," katanya.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved