Breaking News:

Harga Pangan

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih Kembali Naik, Aliansi Pedagang Pangan Pertanyakan UU Ciptaker

Dengan dikeluarkannya UU Ciptaker seharusnya kemudahan berusaha dan kestabilan harga yang terjangkau oleh masyarakat dapat diwujudkan

Pexel.com
Bawang putih 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang puasa dan Idul Fitri harga bawang merah dan bawang putih kembali naik.

Bahkan untuk bawang putih sudah seminggu yang lalu harga naik lebih dulu. Di tingkat distributor sudah sampai 20.000 per kilo.

Hal ini dibenarkan juga oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Harga eceran bawang merah dan bawang putih cenderung naik hingga akhir Juni 2021 disebabkan karena permintaan menjelang bulan puasa dan Idul Fitri," kata Menteri Syahrul dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI ketika membahas Persiapan dan Ketersediaan Pangan menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Besar Keagamaan, Kamis lalu.

Harga Cabai Rawit di Pasar Parung Kabupaten Bogor Masih Tinggi Padahal Ramadhan Masih Sebulan Lagi

Terkait hal tersebut, Forum Komunikasi Pengusaha dan Pedagang Pangan (FKP3), Aminullah, menanggapi gejolak itu.

Menurutnya, untuk bawang putih seharusnya tidak perlu sampai ikut-ikutan naik.

"Kalau bawang merah mungkin bisa dipahami karena faktor cuaca sampai banjir di beberapa daerah sehingga mengakibatkan gagal panen serta sentra lahan dan petaninya jelas-jelas ada.

Baca juga: Hasil Panen Sulit Bersaing dengan Pasokan Impor, Petani Kapok Tanam Bawang Putih

Tetapi kalau bawang putih inikan produk impor dengan ritme atau siklus yang sudah terbaca setiap tahun. Berapa kebutuhan impor setiap tahun dan bulan, dibulan apa saja yang permintaannya tinggi," tegas Aminullah melalui keterangan persnya, Minggu (21/3/2021).

Menurutnya, produksi dan harga di negara asal seperti China pun tidak ada kendala.

"Tidak ada lonjakan harga di negara produsen. Seharusnya bawang putih tidak perlu latah ikut-ikutan naik. Karena tidak ada hambatan alam dan fluktuasi harga internasional," imbuhnya

Halaman
12
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved