Ramadan 2021

Polda Metro Jaya Koordinasi dengan Pemprov DKI untuk Larang Sahur On The Road Saat Ramadan

Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta agar mengeluarkan larangan penyelenggaraan sahur on the road saat Ramadan tahun ini.

Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Ramadan tahun ini Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta agar mengeluarkan larangan penyelenggaraan sahur on the road. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta agar mengeluarkan larangan penyelenggaraan sahur on the road saat Ramadan tahun ini.

Sebab, katanya, kebijakan larangan sahur on the road bukan ada di kepolisian tapi kewenangan Pemprov DKI.

Larangan sahur on the road, karena disinyalir kegiatan itu menimbulkan kerumunan dan dapat menciptakan klaster baru Covid-19.

Video: Maksimalkan Kinerja Polisi, Polda Metro Jaya Luncurkan 30 Kamera ETLE

"Jadi kami akan berkoordinasi dengan Pemprov untuk mencegah adanya sahur on the road di masa pandemi ini. Sebab kebijakan larangan sahur on the road bukan ada di kami, tapi jadi kewenangan pemerintah daerah, yang akan didukung kepolisian," kata Yusri, Minggu (21/3/2021).

Ia menjelaskan kegiatan sahur di jalan saat Ramadan berpotensi menimbulkan kerumunan.

Hal itu bisa berbahaya mengingat situasi saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Baca juga: Sahur On The Road Telan Korban Jiwa Lagi di Setiabudi, Remaja Tewas Ditusuk Senjata Tajam

Baca juga: Remaja Tewas Ditusuk Sajam di Dada Saat Mengikuti Sahur On The Road di Setiabudi

Selain itu, penyelenggaraan sahur on the road juga berpotensi terjadi tindakan yang melanggar peraturan daerah tentang ketertiban umum. 

"Untuk penegakan aturan larangan kerumunan selama Ramadan, instansi yang mempunyai kewenangan penindakan adalah Satuan Polisi Pamong Praja. Jadi sifat polisi hanya membantu preventif dan sosialisasi," ujarnya. 

Karenanya ia berharap Pemprov DKI segera mengeluarkan edaran terkait larangan kegiatan sahur on the road selama pandemi ini. 

"Setahu kami, setiap tahun pemerintah daerah sepertinya melarang kegiatan itu," kata dia.

Baca juga: Polisi Tangerang Tak Melarang Pemuda Lakukan Sahur On The Road, Asal Jangan Lebay

Sebelumnya Kepala Polda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta jajarannya mencegah kegiatan sahur on the road selama Ramadan tahun ini, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Ini perlu didiskusikan bersama agar bisa diantisipasi bersama. Kerumunan menjadi tantangan yang harus dihadapi dan harus dicari solusinya," kata Fadil saat peluncuran kamera ETLE Mobile Polda Metro Jaya di Lapangan Ditlantas Presisi Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021).

Puluhan personil gabungan dari Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap rombongan peserta Sahur on The Road (SOTR) di wilayah Jakarta Selatan, Minggu (10/6).
Puluhan personil gabungan dari Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap rombongan peserta Sahur on The Road (SOTR) di wilayah Jakarta Selatan, Minggu (10/6). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Ia meminta jajarannya membuat kajian yang komprehensif dalam mencegah kegiatan sahur di jalan sebelum mengeluarkan kebijakan.

Jika dibutuhkan, menurut dia, anggotanya bisa melakukan sosialisasi dan praktik pencegahan kerumunan mulai bulan ini.

Baca juga: Polisi Tangerang Tak Melarang Pemuda Lakukan Sahur On The Road, Asal Jangan Lebay

"Mungkin malam Sabtu dan malam Minggu ada kontrol di subuh atau pagi hari pukul 00.00 sampai 05.00. Jadi sebagai kontrol masa transisi untuk mencegah fenomena sahur on the road," kata Fadil.

Sehingga katanya tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya mendadak. "Jadi tidak ada lagi yang sifatnya dadakan. Harus bisa prediksi ancaman yang akan datang. Ini akan jadi tolak ukur layanan," kata Fadil. (bum)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat memberikan keterangan kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (21/3/2021)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved