Breaking News:

Kriminalitas

Viral Akun @bareskrimkotabekasi Ngaku Polisi, Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota : Hoaks

Viral Akun @bareskrimkotabekasi Ngaku Polisi, Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota : Hoaks

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Akun @bareskrimpolresbekasi. Akun instagram polisi palsu 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Seorang wanita melalui akun twitter @yraprl_ membagikan ceritanya ketika diminta mendatangi Mapolrestro Bekasi Kota untuk menjalani pemeriksaan.

Panggilan tersebut diungkapkan wanita tersebut tidak dilakukan secara resmi, tetapi lewat direct message (DM) instagram oleh akun @bareskrimkotabekasi yang mengaku sebagai Bareskrim Polres Kota Bekasi.

Akun tersebut meminta wanita itu datang ke Mapolrestro Bekasi Kota terkait pemeriksaan atas sebuah kasus yang diadukan seorang warga bernama Alexa.

"Ini BAP sudah masuk loh mbak. Kalau mbak tidak mau bekerja sama dengan kami, kami yang menjemput paksa mba," tulis akun @bareskrimkotabekasi.

Merasa ragu atas panggilan tersebut, @yraprl_ mencoba mengklarifikasi keaslian akun @bareskrimkotabekasi.

Namun, sejumlah pertanyaan yang diajukan justru dibantah oleh akun @bareskrimkotabekasi.

"Kalau kami akun palsu kami tidak mungkin mengajak mbak untuk datang ke kantor kami langsung," balas @bareskrimkotabekasi.

Sontak warganet langsung menunjukkan tangkapan layar akun resmi Instagram Polres Metro Bekasi Kota yaitu @restrobekasikota_official kepada akun tersebut.

Baca juga: Malam Ini, Museum Digital Gedung Juang 45 Tambun Diresmikan, Mulai Dibuka untuk Umum Besok

Ia pun kemudian mengunggah tangkapan layar percakapan antara dirinya dengan akun yang mengaku polisi tersebut di jejaring twitter pada Selasa (16/3/2021) lalu.

Dalam tulisannya, ia juga turut mengadukan hal yang dialaminya ke akun twitter resmi Polres Metro Bekasi Kota @restrobkskota.

"Jadi siang tadi ada akun mengatas namakan @restrobkskota dm aku diig kaya gini. Mencoba nipu aku dengan laporan BAP dari saudari Alexa, yang jelas ini penipuan & sangat mengganggu. Hati-hati ya buat kalian semua @restrobkskota mohon sekali untuk ditindak lanjutkan," tulis @yraprl_.

Baca juga: Buntut Pengusiran Indonesia di All England 2021, Menpora Minta PBSI dan NOC Reformasi Pengurus BWF

Menanggapi hal tersebut, Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari mengatakan, akun tersebut bukan merupakan akun resmi Polres Metro Bekasi Kota.

"Hoaks, reskrim polres metro bekasi kota tidak memiliki akun tersebut," kata Erna saat dikonfirmasi, Jumat (19/3/2021).

Ada pun terkait proses pemanggilan seseorang dalam rangka pemeriksaan kasus, dilakukan secara resmi menggunakan surat panggilan dengan kop surat Polres Metro Bekasi Kota.

"Kita kalau memanggil orang nggak mungkin seperti itu, pasti ada undangannya, lewat instagram itu nggak ada. Kita kalau memanggil orang untuk diperiksa, kita tidak akan memberitahukan melalui media sosial, kita pasti mengirim surat undangan, mau itu tersangka, mau itu diduga, mau itu korban, kita pakai surat undangan," tutur Erna. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved