Breaking News:

Relaksasi PPnBM

Relaksasi PPnBM Bikin Penjualan Terios dan Xenia Laris Manis, Begini Tanggapan Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalami peningkatan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 40 persen pada minggu pertama.

Editor: Feryanto Hadi
KompasOtomotif
Daihatsu Terios 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejak diterapkannya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada 1 Maret 2021, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalami peningkatan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 40 persen pada minggu pertama.

Demand yang naik signifikan ini disebut Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra belum tentu bisa diimbangi suplai.

"Dalam mekanisme pembuatan mobil itu ada lebih dari 20.000 item. Kemudian vendor di Daihatsu juga banyak banget ada sekitar 300-an vendor, yang masing-masing semuanya sudah memiliki mekanisme forecast atau order sendiri," ungkap Amel saat jumpa pers virtual, Kamis (18/3/2021).

CEO Kompas Gramedia Sebut IIMS Virtual 2021 Bisa Bangkitkan Hasrat Publik terhadap Produk Otomotif

Seminggu PPnBM, Penjualan Daihatsu Naik 40 Persen, Pabrikan Honda Juga Panen Omset

Saat ini mekanisme forecast yang bisa di cover oleh vendor itu hanya 20 persen, sementara kenaikan permintaan mobil di Daihatsu itu dua kali lipat lebih atau naik sekira 120 persen.

Tentu saja kenaikan ini tidak bisa serta-merta dipenuhi oleh vendor ataupun Daihatsu sebagai APM.

"Untuk kenaikan sebesar itu stok di dealer pun tidak banyak, tidak mungkin bisa memenuhi kenaikan yang luar biasa, terutama beberapa varian yang luar biasa naiknya, seperti Terios dan Xenia, stok kita sangat limited," imbuh Amel.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso menyampaikan suplai tidak serta-merta bisa meningkat karena Daihatsu masih bekerja dengan protokol kesehatan yang ketat, sehingga harus ada pengaturan jarak dan sebagainya.

Baca juga: Usai Avanza, Xenia, Mobillio dkk Giliran Innova, Pajero, CRV dkk Dapat Potongan PPnBM 100 Persen

"Jadi produksinya dan cara kerja, serta jumlahnya tidak bisa seperti waktu zaman normal. Sementara sekarang ini kita masih mengikuti protokol kesehatan, tentunya suplainya juga masih terbatas," terang Hendra.

Dengan adanya jarak antara demand dan suplai yang cukup besar ini, Daihatsu menyebut akan ada inden.

Baca juga: Kemenperin Masih Kaji Formula Relaksasi PPnBM untuk Mobil 2.500 cc

"Pasti akan terjadi inden apa lagi tadi pak Hen juga memperlihatkan kenaikannya begitu besar. Untuk berapa lamanya tentu saja berbeda-beda untuk setiap kota dan setiap varian," jelas Amel.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved