Breaking News:

Ibu Kota Pindah

Tahun Ini Istana Presiden di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun, DPR: Hitung Cermat, Jangan Macet

Jika pembangunan dapat terjadi pada tahun ini, maka dapat mendorong semua sektor ekonomi seiring meningkatnya kepercayaan investor. 

Kementerian PUPR
Rendering Monumen Pancasila di Ibu Kota Negera (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Menteri PPN/Kepala Bappenes Suharso Monoarfa mengatakan, jika semua persiapan berjalan lancar, pembangunan Istana Presiden di IKN baru akan dimulai tahun ini. 

"Tanggal 17 Agustus 2024, Presiden bisa melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara yang baru..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kalimantan Timur, akan dimulai tahun ini jika masterplan berjalan sesuai rencana. Namun, Komisi XI DPR RI meminta agar rencana tersebut dihitung dengan cermat.

Dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (17/3/2021), Menteri PPN/Kepala Bappenes Suharso Monoarfa mengatakan, "Kalau semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan di masterplan yang disusun, dan detail plan yang sudah disiapkan. Kami optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di groundbreaking pada tahun ini."

Menurutnya, jika pembangunan dapat terjadi pada tahun ini, maka dapat mendorong semua sektor ekonomi seiring meningkatnya kepercayaan investor. 

"Kalau itu memang bisa dilakukan, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Timur Indonesia, dan nasional secara umum, utamanya di sektor-sektor konstruksi, sektor real estat dan kemudian sektor konsumsi," paparnya.

Program Kartu Prakerja, Awalnya hanya 15 Pendaftar setelah Satu Tahun Capai 55,6 Juta Orang

Dalam menggerakan roda ekonomi, kata Suharso, memang diperlukan sebuah proyek besar yang akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi secara nasional. 

"Kami sampaikan kepada bapak presiden, mudah-mudahan kalau semuanya berjalan dengan baik dan vaksinasi benar-benar bisa mencapai herd immunity. Maka tanggal 17 Agustus 2024, Presiden bisa melaksanakan, kita melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara yang baru," paparnya.

Menteri PPN Suharso Monoarfa: Mudah-mudahan Presiden Bisa Upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Baru

Soal Ibu Kota Baru, Pemerintah Dinilai Tabrak Aturan Karena Kajian Lingkungan Tidak Lengkap

Jangan Macet

Menanggapi hal ini, anggota Komisi XI DPR Kamrussamad mengatakan, kondisi keuangan APBN pada saat ini sedang tertekan akibat penurunan penerimaan negara. 

"Rencana groundbreaking pembangunan IKN tahun ini, harus dihitung secara mendalam, jangan sampai macet di tengah jalan," tandasnya.

Ibu Kota Baru Punya Lima Gedung dengan Konsep Green Building

Menurut dia, keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan IKN diperkirakan juga tidak akan signifikan karena sedang tertekan pandemi Covid-19.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved