Nasib Hambalang

Zainudin Amali Sebut Hambalang Belum Tentu Jadi Pilihan untuk Pemusatan Latihan Olahraga Nasional

Menpora Zainudin Amali menanggapi maraknya pemberitaan tentang Hambalang yang akan dibangun lagi dan digunakan sebagai pemusatan latihan olahraga.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Valentino Verry
Kemenpora.go.id
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menanggapi maraknya pemberitaan tentang Hambalang yang akan dibangun lagi dan digunakan sebagai pemusatan latihan olahraga Nasional. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menanggapi maraknya pemberitaan tentang Hambalang yang akan dibangun lagi dan digunakan sebagai pemusatan latihan olahraga Nasional.

Sebelumnya, usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menpora Amali memang sempat menyebut bahwa Hambalang masuk dalam grand desain olahraga nasional khususnya ranah untuk atlet senior atau 18 tahun ke atas.

Akan tetapi area Hambalang itu baru perencanaan dan belum pasti akan digunakan.

“Memang dalam desain besar olahraga Indonesia tertera tentang kebutuhan tempat pemusatan latihan yang terpadu untuk atlet dalam tingkatan elit usia 18 tahun ke atas yang sudah siap untuk mengikuti berbagai event, setelah hasil seleksi dari pembinaan (usia SMP) di 10 sentra di daerah, kemudian dilatih selama 3 tahun dalam pembinaan yunior (usia SMA) di SKO Cibubur,” kata Menpora dalam keterangan resminya yang diterima Tribunnews, Rabu (17/3/2021).

“Tetapi Hambalang itu belum bisa dipastikan akan digunakan, hanya menjadi pilihan utama karena Hambalang itu sudah tercatat dalam aset negara di Kemenpora,” terangnya.

Baca juga: Final dan Semifinal Piala Menpora 2021 Digelar Dua Leg Agar Laga Lebih Kompetitif dan Berkualitas

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Sebut Mendikbud Beri Respons Positif Terhadap Grand Desain Olahraga Nasional

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Targetkan Prestasi Indonesia Masuk 10 Besar di Olimpiade 2032

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Ingin Selektif saat Naturalisasi Pemain Jelang Piala Dunia Bola Basket 2032

Menpora juga menjelaskan penggunaan Hambalang masih terus dikaji terlebih dahulu baik kelayakan aspek teknisnya dan juga yang tidak kalah penting aspek yuridisnya karena Hambalang ini sempat ada masalah hukum.

Oleh karena itu, Menpora Amali meminta kepada publik dan stakeholder olahraga jangan langsung menyimpulkan bahwa Hambalang akan segera dibangun kembali karena masih mempertimbangkan alternatif lain.

“Bila pilihan lain itu lebih baik untuk digunakan maka kita tentu akan mempertimbangkan dari sisi teknis dan yuridisnya. Sekali lagi saya menegaskan bahwa belum tentu Hambalang menjadi pilihan satu-satunya yang akan digunakan,” tegasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved