Breaking News:

Operasi Pasar Bantu Masyarakat Dalam Pemenuhan Pangan dengan Harga Terjangkau

Terlebih kegiatan ini juga digelar bersama Kementerian Pertanian dan juga Dinas KPKP DKI Jakarta di 34 Pasar seDKI Jakarta

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Agus Himawan
istimewa
Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat adakan pengawasan pangan di Pasar Tomang Barat, Selasa (16/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mengantisipasi kenaikan harga pangan Suku Didnas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat akan menggelar operasi pasar. Demikian diungkap Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.

Penty mengatakan operasi pasar akan dilaksanakan di beberapa wilayah. Di Jakarta Pusat telah dimulai di Pasar Benhil dan Pasar Cempaka Putih. Operasi pasar ini dilakukan menyusul kenaikan harga cabai.

“Kita sudah gelar operasi pasar untuk mensiasati harga pangan yang cukup mahal yaitu cabai. Sehingga masyarakat bisa membeli produk dengan harga yang terjangkau,” kata Penty, Rabu (17/3/2021).

Dikatakan Penty, sejak dilakukan operasi pasar antusias masyarakat cukup tinggi. Terlebih kegiatan ini juga digelar bersama Kementerian Pertanian dan juga Dinas KPKP DKI Jakarta di 34 Pasar se-DKI Jakarta. Di Jakarta Pusat, ada beberapa Pasar yang akan menjadi sasaran operasi pasar di antaranya Pasar Metro Atom, Pasar Petojo Ilir, Pasar Cempaka Putih dan Pasar Benhil, dan Pasar Palmerah.

Baca juga: Kesal Selalu Diatur-atur Terus Sama Istri, Bayi Berusia Tujuh Bulan Jadi Sasaran Pelampiasan

Baca juga: Baru Saja Menikahi Kalina Oktarani, Vicky Prasetyo dan Angel Lelga Putar Film Bisikan Arwah Mantan

“Kami akan menjual berbagai macam komoditi pangan dengan harga terjangkau. Misalnya, beras Rp 44.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 50.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp 38.000 per kilogram, dan bawang merah Rp 42.000 per kilogram,” katanya.

Saat ini rata-rata harga cabai rawit merah sebesar Rp 122.438 per kilogram dan harga cabai merah keriting sebesar Rp 58.228 per kilogram. Pihaknya menyampaikan kepada masyarakat tidak panik karena Pemprov DKI Jakarta akan menjamin kecukupan pangan.

Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat menggelar sidak bahan pangan rutin di Pasar Johan Baru, Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Pantauan di lokasi, tampak petugas memantau sejumlah bahan pangan di Pasar, mereka juga mengambil beberapa sampel untuk diuji kandungan bahan pangan itu.

Bahan pangan yang di ambil meliput sayuran, daging, ikan, dan beberapa pangan lainnya. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahan pangan yang ada di Pasar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty mengatakan pengawasan pangan terpadu ini digelar di lima Pasar di Jakarta Pusat. Dalam pengawasan pangan terpadu di Johar Baru, petugas mengambil 29 sampel bahan pangan pertanian, peternakan delapan sampel, perikanan 24 sampel untuk dilakukan pengujian.

Baca juga: Widyawati dan Lenny Marlina Mulai Akting Saat Remaja, Beruntung Pernah Mengenal Baik Usmar Ismail

Baca juga: Ariza Meminta Perumda Sarana Jaya Menyampaikan Fakta yang Sebenarnya

“Hasilnya tadi kita sudah uji sampel dan semua negatif tidak ditemukan adanya bahan yang membahayakan, seperti formalin,” katanya.

Penty menyampaikan pengawasan pangan terpadu ini memang dilakukan untuk kelayakan pangan menjelang bulan Ramandan, bahkan nanti juga akan dilakukan pengawasan kembali beberapa minggu jelang ramadan.

“Kalau itu memang nanti akan ada lagi menjelang Ramandan dan Idul Fitri. Kalau ini merupakan kegiatan rutin bahkan pada Maret ini kami sudah lakukan sebanyak tiga kali,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati ketika membeli bahan pangan di sejumlah pasar. Poin penting yang harus diingat untuk daging harus memastikan warna dan tidak pudar.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved