Breaking News:

Di Pasar Johar Baru Petugas Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Bawa 29 Sampel Pangan

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahan pangan yang ada di Pasar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Agus Himawan
Warta Kota
Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menggelar sidak bahan pangan jelang Ramadhan di Pasar Johan Baru, Jakarta Pusat pada Rabu (17/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP)  Jakarta Pusat menggelar sidak bahan pangan jelang bulan Ramadan di Pasar Johan Baru, Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, tampak para petugas Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat langsung memantau sejumlah bahan pangan di Pasar, mereka juga mengambil beberapa sampel untuk dilakukan uji kandungan bahan pangan itu.

Bahan pangan yang di ambil meliput sayuran, daging, ikan, dan beberapa pangan lainnya. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahan pangan yang ada di Pasar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan pengawasan pangan terpadu ini digelar di lima Pasar di Jakarta Pusat. Nantinya petugas mengambil beberapa sampel dari bahan pangan peternakan, perikanan dan pertanian.

"Kita melakukan pengawasan pangan terpadu di Pasar Johan Baru Jakarta Pusat, kita ambil beberapa sampel bahan pangan," kata Penty di Pasar Johan Baru, Rabu (17/3/2021).

Dikatakan Penty, dalam pengawasan pangan terpadu di Johar Baru, petugas mengambil sebanyak 29 sampel bahan pangan pertanian, peternakan delapan sampel, perikanan 24 sampel untuk dilakukan pengujian.

Baca juga: Ketua DPRD DKI Tolak Jual Saham Delta dan Sarankan Anies Gunakan Hak Diskresi, Ini Alasan Prasetyo

Baca juga: Masjid Luar Batang di Penjaringan Direvitalisasi, Sasar Perbaikan Menara, Instalasi Listrik dan CCTV

"Hasilnya tadi kita sudah uji sampel dan semua negatif tidak ditemukan adanya bahan yang membahayakan, seperti formalin," katanya.

Penty menyampaikan pengawasan pangan terpadu ini memang dilakukan untuk kelayakan pangan menjelang ramandan, bahkan nanti juga akan dilakukan pengawasan kembali beberapa minggu jelang ramadan.

"Kalo itu memang nanti akan ada lagi jelang ramandan dan jelang idul fitri. Kalau ini merupakan kegiatan rutin bahkan Maret ini kami sudah lakukan sebanyak tiga kali," ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati ketika membeli bahan pangan yang ada di sejumlah Pasar. Poin penting yang harus di ingat yaitu untuk daging harus mematikan warna dan tidak pudar.

"Kalau daging itu biasanya warnanya berbeda tekturnya berbeda. Kalau ikan juga itu lunak kerasnya, nah kalo sayuran itu memang harus di uji dulu, kalo dibawah ambang batas masih layak untuk di konsumsi," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved