Breaking News:

Sindikat Pemalsu Buku Nikah Jaringan Jakarta-Subang Umumnya Sasar Para Sejoli Yang Menikah Siri

“Rata-rata digunakan untuk dijadikan syarat legalitas suami istri, sebagai syarat pembiayaan kredit, pembuatan akte, BPJS, dan lainnya,” kata Guruh.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dedy
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Polres Metro Jakarta Utara, Selasa (16/3/2021), mengungkap sindikat pemalsu buku nikah jaringan Jakarta-Subang.  

WARTAKOTALIVE.COM, CILINCING --- Sindiikat pemalsu buku nikah jaringan Jakarta-Subang dibekuk kawanan polisi Polrestro Jakarta Utara.

Tujuh pelaku yang ditangkap berinisial S, AH, A, BS, SM, Y, dan K.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan mengatakan pengungkapan tersebut diawali informasi adanya transaksi buku nikah palsu di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Mendapati laporan itu, kawanan polisi langsung datang ke Rusun Marunda untuk menyelidiki dan menangkap pelaku pemalsu buku nikah berinisial S.

“Anggota mengamankan seorang pelaku yang diduga sering menjual buku nikah. Daripada dirinya disita dua buah buku nikah,” kata Guruh, Selasa (16/3/2021).

Menurut Guruh, setelah penangkapan pelaku S yang berperan sebagai perantara, berturut-turut pelaku yang berhasil ditangkap yakni AH, A, serta BS alias otak dari sindikat ini.

Sementara itu, tiga pelaku lainnya SM, Y, dan K yang berperan membuat blanko buku nikah palsu ditangkap di Pusaka Jaya, Subang, Jawa Barat.

Para pelanggan buku nikah palsu ini umumnya pasangan nikah siri.

“Rata-rata digunakan untuk dijadikan syarat legalitas suami istri, sebagai syarat pembiayaan kredit, pembuatan akte, BPJS, dan lainnya,” kata Guruh.

Sindikat yang sudah melakukan aksinya sejak tahun 2015 itu membanderol Rp 2,5 juta untuk dua buku nikah palsu dan Rp 3,5 juta dengan tambahan bantuan kepengurusan akad nikah.

Baca juga: Diduga Mabuk Berat Kondisi Anggota Satpol PP Terkapar di Got Berantakan Kemejanya Terbuka dan Sobek

Baca juga: Persiapkan Makam Sejak 20 Tahun Lalu, Ini Pesan dan Nasihat Anton Medan Semasa Hidup

Baca juga: Banyak Dibantu Anton Medan Semasa Hidup, Pablo Benua-Rey Utami: Perhatiannya Lebih dari Ayah Kandung

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved