Breaking News:

Ramadan 2021

Pengamatan Hilal Awal Bulan Syakban 1442 Hijriyah di 22 Lokasi, BMKG: Hilal Terlihat di 8 Lokasi

Jelang sebulan sebelum bulan suci Ramadan, pengamatan hilal awal bulan Syakban 1442 Hijriyah dilakukan di 22 lokasi di seluruh Indonesia.

Penulis: Hertanto Soebijoto | Editor: Hertanto Soebijoto
Screenshoot/Antara
Dari 22 lokasi rukyat hilal yang dipantau BMKG di seluruh Indonesia pada Minggu (14/3/2021), hilal dapat terlihat di 8 lokasi dengan berbagai kondisi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Jelang sebulan sebelum bulan suci Ramadan, pengamatan hilal awal bulan Syakban 1442 Hijriyah dilakukan di 22 lokasi di seluruh Indonesia.

Dari 22 lokasi rukyat hilal yang dipantau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG di seluruh Indonesia pada Minggu (14/3/2021), hilal dapat terlihat di 8 lokasi dengan berbagai kondisi.

Seperti diungkapkan Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis pada Senin (15/3/2021) lokasi tersebut di antaranya Maluku Tengah, Ternate, Manado, Talakar, Donggala, Kupang, Garut, dan Kabupaten Serang.

Video: Rumah Tertutup Tembok Beton di Tangerang, Penghuni Rumah Mulai Terdampak

Hilal tidak teramati atau terpantau di 14 lokasi lainnya dikarenakan kondisi cuaca di lokasi rukyat dan arah ufuk barat berawan tebal hingga hujan.

Sebulan menjelang Puasa Ramadan, BMKG mencatat hilal bulan Syakban terlihat di sejumlah lokasi di Indonesia.

Dari 22 lokasi rukyat hilal BMKG di seluruh Indonesia pada 14 Maret 2021, hilal dapat terlihat di 8 lokasi dengan berbagai kondisi.

Baca juga: Hari Ini Sidang Perdana Rizieq Shihab Digelar Virtual, Ini yang Diminta Polisi kepada Pendukungnya

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Selasa 16 Maret 2021: Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang

Upaya atasi lonjakan harga daging sapi jelang Ramadan

Sementara itu sebagaimana lazimnya, harga-harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan suci Ramadan dan Idul Fitri akan melonjak, termasuk harga daging.

Untuk itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya mengantisipasi kenaikan harga daging sapi menjelang Ramadan, meskipun kenaikan tersebut diprediksi tak bisa dihindari.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved