Breaking News:

Tik Tok

Kreator TikTok Diprediksi Ramaikan Konten Religi dan Kuliner saat Menyambut Ramadan

Momen bulan suci Ramadan pastinya dinanti semua umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

ANTARA/Arindra Meodia
Ilustrasi aplikasi TikTok. Menurut survei dari TikTok Indonesia, para kreator seringkali membagikan konten berisi wawasan seputar Ramadan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Momen bulan suci Ramadan pastinya dinanti semua umat islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Meski masih berlangsung di tebgah pandemi, momentum bulan suci Ramdan banyak dimanfaatkan kaum muslim untuk meningkatkan kualitas ibadahnya.

Tak hanya itu, banyak kreator yang kerap membagikan konten religi hingga kuliner yang sengaja dibuat untuk meramaikan bulan suci ini.

Menurut survei dari TikTok Indonesia, para kreator seringkali membagikan konten berisi wawasan seputar ramadhan.

TikTok memprediksi trend dan hal-hal yang disukai penggunanya di Indonesia selama Ramadan 2021 akan kembali ramai tentunya dengan tone yang positif.

Sitaresi Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia, memprediksi pengguna TikTok akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat konten, dan berinteraksi di platform selama Ramadan 2021.

Baca juga: Video Joget Tik Tok Viral di Medsos, Chandrika Chika Banyak Terima Tawaran Main Sinetron dan FTV

Baca juga: 9 Kejadian Lucu Saat Demo UU Cipta Kerja, Mahasiswi Cantik Joget Tik Tok Sampai Dimarahin Emak

"Jika dilihat dari keterlibatan pengguna TikTok selama Ramadan tahun lalu, penggunaan TikTok meningkat rata-rata sebanyak 29 persen dari sebelum Ramdhan. Diperkirakan 96 persen pengguna akan mengunggah konten di TikTok selama bulan ramadhan," kata Sitaresi dalam acara virtual TikTok Ramadan Insight, Selasa (16/3/2021).

TikTok menilai penggunaan aplikasi itu  cenderung didorong atas kemauan sendiri.

Bahkan dalam surveinya, tiga dari empat pengguna menggunakan TikTok selama ramdhan untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kejadian terkini.

Selain itu, TikTok digunakan sebagai sarana agar tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

Beberapa jenis konten yang diprediksi akan dibagikan oleh pengguna TikTok selama Ramadan 2021 mencakup konten religi sebesar 78 persen, konten makanan sebesar 71 persen, hingga hiburan 69 persen.

"Konten yang dibagikan selama ramadhan biasanya didominasi oleh religi dan kuliner. Hiburan diprediksi juga masih menguasai konten di TikTok dengan nuansa Ramadan," tambah Sitaresi.

Selain konten di atas, konten-konten bertemakan keluarga, keseharian, dan fashion serta kecantikan diprediksi akan disukai pengguna selama Ramadan 2021. Adapun persentasenya masing-masing 64 persen, 60 persen, dan 43 persen.

Baca juga: Ustadz Syam Menikahi Jihan Salsabila Kenal Lewat TikTok, Sempat Grogi Saat Harus Cium Istri

Baca juga: Netflix Hadirkan Fitur Fast Laughs, Mau Saingi TikTok?

Fanny Murhayati, Marketing Director Kantar, menambahkan bahwa trend Ramadan tahun ini tidak akan jauh berbeda dari trend Ramadan tahun lalu karena masih dijalani di tengah pandemi.

"Meskipun tetap di rumah, namun kehidupan sosial pengguna TikTok selama Ramadan tetap terlihat. Itu akan terlihat dari seringnya pengguna TikTok membagikan momen seru selama bulan ramadhan," tutup Fanny.

Editor: Valentino Verry
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved