Relawan Covid-19 Meninggal Dunia Saat Bertugas, BP Jamsostek Serahkan Santunan Rp163,6 Juta

BP Jamsostek Cabang Kelapa Gading menyerahkan santunan kepada Capri Sandika Sitopu itu sebesar Rp163,6 juta.

Editor: Mohamad Yusuf
BP Jamsostek
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Jakarta Kelapa Gading menyerahkan santunan kepada ahli waris Almarhum Capri Sandika Sitopu. Santunan BP Jamsostek Cabang Kelapa Gading diberikan kepada Capri Sandika Sitopu merupakan relawan penanggulangan Covid-19 yang meninggal dunia saat bertugas di Wisma Atlet Kemayoran. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Jakarta Kelapa Gading menyerahkan santunan kepada ahli waris Almarhum Capri Sandika Sitopu.

Santunan BP Jamsostek Cabang Kelapa Gading diberikan kepada Capri Sandika Sitopu merupakan relawan penanggulangan Covid-19 yang meninggal dunia saat bertugas di Wisma Atlet Kemayoran.

BP Jamsostek Cabang Kelapa Gading menyerahkan santunan kepada Capri Sandika Sitopu itu sebesar Rp163,6 juta.

Baca juga: Cerita Anies Nongkrong di Warkop, Malah Ditanya Pegawai Bea Cukai, Bapak Kerja di Mana?

Baca juga: Keluarga yang Rumahnya Dipagari Beton hingga Tutup Akses Jalan Diancam Pakai Golok, Polisi Bertindak

Baca juga: TP3 Laskar FPI Sebut Habib Rizieq Alami Belasan Kali Percobaan Pembunuhan, akan Laporkan ke Jokowi

Santunan ini diserahkan secara simbolis oleh Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja, didampingi Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Kelapa Gading, Erfan Kurniawan di The Media Hotel dan Towers, Senin (15/03/2021).

Dalam acara itu, Utoh menyebut saat ini ada 18.423 relawan penanggulangan Covid-19 yang menjadi peserta aktif program jaminan BP Jamsostek dengan sumber pendanaan dari BAZNAS, Bank Danamon, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan sumbangan karyawan BP Jamsostek.

Seperti diketahui, jumlah relawan penanggulangan covid-19 saat ini kurang lebih sebanyak 40.000 relawan.

Artinya sudah hampir 50 persen yang tercover program jaminan BP Jamsostek.

"Meski demikain, masih banyak relawan dan nakes yang belum terdaftar dan butuh dukungan dari semua pihak agar mereka terlindung dari risiko kerja dan dampak sosial yang mengiringinya," kata Utoh.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Kelapa Gading, Erfan Kurniawan mengatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah yang dialami almarhum Capri Sandika Sitopu.

"Semoga Amal Ibadah diterima dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan, ujar Erfan.

Erfan menyebut bahwa almarhum Capri merupakan peserta program BP Jamsostek sejak bulan oktober 2020 dengan iuran yang dibayarkan tiap bulannya adalah Rp36.300, untuk 2 Program JKK dan JKM.

Almarhum mengalami musibah kecelakaan kerja saat setelah shift jaga dengan indikasi tersengat aliran listrik saat menjemur perlengkapan APD berupa sepatu.

Baca juga: Kisah Pilu Warga Ciledug Tangerang Rumahnya Dipagari Beton, Terpaksa Harus Memanjat Setiap Hari

Baca juga: Tangis Kesedihan Kholid, Melihat Sang Cucu harus Panjat Beton Berkawat karena Akses Jalan Ditutup

"Almarhum menerima santunan sebesar Rp163.600.000, yang terdiri Santunan berkala Rp12 juta, biaya Pemakaman Rp10 juta dan Santunan Kematian Rp141.600.000. Semoga santunan ini dapat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan," kata Erfan.

"Harapannya kedepan ini menjadikan bukti nyata bahwa setiap pekerja wajib memiliki jaminan sosial ketenagakerjaan," tambah Erfan.

Dalam acara tersebut turut hadir Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan yang diwakili oleh Direktur Kesiapsiagaan BNPB Bu Eni Supartini; Heriyanto Agung Putra, selaku Human Capital Director Bank Danamon; Koordinator RSDC Wisma Atlet / Kapuskes TNI: AKBP dr. Djatmiko Huda Rusjadi, MARS; Kepala Badan PPSDM Kesehatan diwakili oleh Sekretaris KTKI: Dr. dr. Irmansyah, Sp.KJ(K); Direktur Mutu Akreditasi dan Pelayanan Kesehatan: drg. Farichah Hanum, M.Kes, dan Koordinator K3 dan Kesling RSDC Wisma Atlet: Mayor Kes Ono Rahayu Hadi, S.K.M., M.I.Pol.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved