Polda Metro Jaya Bakal Tambah 41 Kamera ETLE Pertengahan Maret 2021

Terpasangnya kamera ETLE tambahan itu akan dilaunching saat launching ETLE nasional pada 23 Maret 2021

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Budi Malau
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengajukan penambahan 50 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) untuk ditempatkan di sejumlah titik di Jakarta, ke Pemprov DKI. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan bahwa akan ada 41 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) tambahan, yang terpasang di DKI pada pertengahan Maret 2021 ini.

Sehingga nantinya total ada 98 kamera ETLE terpasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Terpasangnya kamera ETLE tambahan itu akan dilaunching saat launching ETLE nasional pada 23 Maret 2021 mendatang.

"Kamera ETLE yang ada sekarang di Jakarta ada 57 dan sudah eksis sejak tahun 2019 dan 2020. Pada 23 Maret akan ada launching ETLE Nasional 12 polda dan salah satunya PMJ," kata Sambodo, Senin (15/3/2021).

"Ketika launching nanti dari 57 kamera ETLE di Jakarta, kita tambahkan ada 41 kamera lagi yaitu di koridor Transjakarta dan jalan tol. Jadi totalnya nanti 98 kamera ETE," katanya. Jumlah itu kata Sambodo belum ditambah kamera ETLE dari proposal pengajuan yang dilakukan pihaknya untuk hibah dari Pemprov DKI.

Baca juga: Pemkot Jakarta Utara Sasar 1.300 Tokoh Agama Lewat Program Vaksinasi

Baca juga: Relawan Covid-19 Meninggal Dunia Saat Bertugas, BP Jamsostek Serahkan Santunan Rp163,6 Juta

"Untuk berikutmya tahap ke empat, dari dana hibah Pemprov DKI tahun 2021 ini, sekitar 60 kamera ETLE. Jadi targetnya, jika semua berjalan baik maka tahun 2021 di Jakarta akan ada 158 titik kamera ETLE. Dan ETLE ini ternyata kebijakan Bapak Kapolri," kata Sambodo.

Ia menjelaskan dalam program prioritas Kapolri ternyata memang ETLE sangat bermanfaat bukan hanya untuk penindakan pelanggar lalu lintas. "Tapi sebagai alat bukti tindak pidana, atau laka lalin. Terbukti dari pengungkapan kasus tabrak lari kemarin di Jalan Thamrin dimana kamera ETLE sangat membantu," kata Sambodo.

Dengan adanya capture dari kamera ETLE yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, sebelum, saat kejadian dan sesudah kejadian, kata Sambodo, dapat dianalisa siapa pengemudinya dan petugas bisa menentukan tersangkanya.

Selain akan terus menambah kamera ETLE di sejumlah ruas jalan reguler, jalur Transjakarra dan jalan tol, Ditlantas Polda Metro Jaya saat ini juga tengah melakukan ujicoba kamera ETLE portable. Ada tiga jenis ETLE portable yang diujicoba dan akan ditentukan apakah semuanya cocok atau hanya beberapa jenis saja.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan 3 jenis kamera ETLE itu adalah helmet camera, dash camera, dan body camera.

Baca juga: Satu dari 5 Kematian di Dunia Disebabkan karena Polusi Udara

Baca juga: Andi Mallarangeng Ungkap Partai Koalisi yang Minta AHY Maju Lawan Anies dan Ahok di Pilgub DKI

"Untuk ETLE portabel ini kita masih taraf uji coba. Bentuknya bisa helmet cam, dash cam, dan bisa body cam. Nah ini yang sedang kita coba, karena kita beharap helmet, dash, atau body cam ini bisa langsung terhubung dengan data base ranmor dan juga terhubung dengan TMC," kata Sambodo, Senin (15/3/2021).

Sambodo mencontohkan untuk petugas di lapangan diuji coba bodycam. "Petugas menggunakan itu saat menangani laka, atau berhadapan dengan pelanggar. Sehingga ketika terjadi adu mulut dan sebagainya bisa direcord di kamera itu, dan bahkan bisa dipantau di TMC," kata Sambodo.

Juga katanya ketika ada unjuk rasa, petugas tinggal memasang bodycam. "Sehingga situasi unjuk rasa bisa terpantau TMC Polda. Ini sedang kita uji coba teknologinya," ujar Sambodo. Menurutnya jika nanti kesiapannya tidak terkejar pada saat launching ETLE nasional 23 Maret mendatang, maka target kesiapan diundur. "Untuk jumlah ETLE portable ini, saya masih belum tahu dan belum dapat pastikan jumlahnya," kata Sambodo.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved