Pemkot Jakarta Utara Sasar 1.300 Tokoh Agama Lewat Program Vaksinasi

Kegiatan itu juga sekaligus pencanangan vaksinasi Covid-19 terhadap tokoh agama yang digelar serentak di enam kecamatan di Jakarta Utara.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Ratusan tokoh agama di Jakarta Utara divaksinasi Covid-19 di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (15/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah tokoh lintas agama di wilayah Jakarta Utara mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diadakan di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (15/3/2021).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan untuk vaksinasi ini diikuti oleh tokoh agama dari Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. “Untuk di Kantor Wali Kota sendiri per 30 orang untuk setiap agama. Jadi kurang lebih ada 180-200 tokoh agama,” ucap Yudi.

Yudi menambahkan kegiatan itu juga sekaligus pencanangan vaksinasi Covid-19 terhadap tokoh agama yang digelar serentak di enam kecamatan di Jakarta Utara. “Pelaksanaan di Kantor Wali Kota hanya pada Senin (15/3/2021) saja, untuk di kecamatan akan diadakan terus sampai selesai sesuai jumlah masing-masing sasaran di wilayah,” kata Yudi.

Baca juga: Gundah Perkara Dewa Kipas, Grandmaster Irene Kharisma Sukandar Beri Surat Terbuka ke Deddy Corbuzier

Baca juga: Jenazah Warga Ditolak, Politisi PDIP Minta Anies Baswedan Evaluasi Kinerja Anak Buahnya

Menurut Yudi, di Jakarta Utara sendiri ada sekitar 1.200-1.300 tokoh agama yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.
Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi tokoh agama di wilayah Jakarta Utara ditargetkan rampung dalam waktu 2-3 hari kedepan sesuai dengan kecamatan masing-masing.

Yudi mengatakan vaksinasi bagi tokoh agama ini bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Utara. “Kemudian dihimpun pimpinan majelis masing-masing agama, setelah datanya terkumpul baru dikirim ke sudin,” kata Yudi, Senin (15/3/2021).

Selanjutnya data penerima vaksin Covid-19 bagi tokoh agama dari Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu itu disebar sesuai dengan lokasi dan tempat ibadah agama tersebut. “Untuk se-Jakarta Utara total tokoh agama ada 1200-1300 orang,” ungkap Yudi.

Khusus di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara ada sekitar 180 tokoh agama yang disuntik vaksin Covid-19. Mereka dilayani sekitar 20 petugas kesehatan. Sementara untuk vaksinasi Covid-19 bagi tokoh agama ditargetkan menyasar 200 orang setiap harinya di masing-masing kecamatan yang ada di Jakarta Utara.

“Targetnya untuk kecamatan kurang lebih 3 hari. Kalau di Pademangan 2 hari juga selesai,” ungkap Yudi. Dengan tokoh agama yang telah disuntik vaksin, diharapkan mereka dapat mengajak masyarakat untuk tidak takut mengikuti program pemerintah tersebut agar terlindungi dari penyebaran Covid-19.

Sementara, di Cilincing, warga lanjut usia (lansia) yang menjadi peserta vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, mendapat fasilitasi kendaraan antar jemput.

Lurah Semper Timur, Cahyo Hudoyo mengatakan pihaknya memanfaatkan kendaraan operasional Satpol PP Kelurahan Semper Timur untuk membantu para lansia agar mudah sampai ke lokasi vaksinasi. “Jadi kendaraan operasional ini kami gunakan untuk mengantar dan menjemput para lansia,” ucap Cahyo, Senin (15/3/2021).

Baca juga: All England 2021, Apriyani: Saya dan Kak Grace Sudah Mempersiapkan Diri Semaksimal Mungkin

Baca juga: Komite III DPD RI: Perlu Ada Layanan Konsultasi Guna Meminimalisir Kekerasan Berbasis Gender

Kali ini para lansia peserta vaksinasi Covid-19 yang manfaatkan fasilitas kendaraan operasional Satpol PP Kelurahan Semper Timur yakni mereka yang berada di Kampung Sawah RW 11, Semper Timur.

“Dari tempat tinggal mereka di Kampung Sawah RW 11 dan Rawa Malang RW 10 petugas mengantar mereka sampai ke Puskesmas Kelurahan Semper Timur,” terang Cahyo. Menurut Cahyo, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para lansia adalah sebagai ikhtiar untuk membuat imunitas tubuh lebih kuat dan kebal dari terpapar virus corona.

“Alhamdulillah, warga lansia di Kelurahan Semper Timur sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19,” kata Cahyo. Untuk itu sebaiknya warga lansia memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Cahyo pun apresiasi lansia yang berani untuk divaksin dalam program yang sedang digencarkan pemerintah.

“Target pelayanan vaksin Covid-19 di Puskesmas Kelurahan Semper Timur ada 30 orang per hari. Segera medaftar dan ikut program vaksinasi Covid-19 gratis di Puskesmas maupun RSUD terdekat,” ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved