Breaking News:

Olimpiade 2032

Menpora Zainudin Amali Targetkan Indonesia Bisa Masuk 10 Besar di Penyelenggaraan Olimpiade 2032

Menpora Zainudin Amali berharap, Indonesia bisa masuk ke dalam sepuluh besar Olimpiade dan Paralimpiade 2023.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kanan) memimpin rapat terbatas persiapan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI pada Senin, 15 Maret 2021, di Istana Merdeka, Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama jajarannya terus menyusun grand desain olahraga nasional guna meningkatkan prestasi Indonesia ke depannya.

Salah satu unsur dari grand desain yang tengah dimatangkan, yakni adanya target baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Zainudin berharap, jika Indonesia menang bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tidak hanya sukses penyelenggaraan, tetapi juga ada peningkatan prestasi yang signifikan.

Zainudin pun mematok Indonesia harus finihs 10 besar di Olimpiade 2032.

"Kedua adalah target, tentu kami merencanakan dalam desain besar ini sampai dengan 2045. Tetapi, ada yang kami buat target-target (Olimpiade) 2024, 2028, dan 2032,” kata Zainudin dalam pernyataan resminya usia rapat terbatas, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Beri Respon Timnas Basket Indonesia yang Ingin Kembali Naturalisasi Pemain

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Ingin Selektif saat Naturalisasi Pemain Jelang Piala Dunia Bola Basket 2032

Baca juga: Perenang Azzahra Permatahani Ingin Memerbaiki Catatan Waktu di Olimpiade Tokyo dan SEA Games 2021

"Olimpiade 2024 itu di Prancis, 2021 di Tokyo, dan 2028 di Los Angeles (Amerika Serikat), dan 2032 harapan kita bisa menang bidding jadi tuang rumah Olimpiade 2032,” ujar Zainudin.

"Kami tidak hanya ingin jadi tuan rumah, tetapi prestasi juga harus ditorehkan. Oleh arena itu, dalam grand desain ini kami targetkan 2032, Indonesia berada di posisi 10 besar, baik untuk Olimpiade dan tentunya juga Paralimpiade," ujar Zainudin.

Guna mewujudkan itu, politikus asal Golkar tersebut meminta adanya dukungan penuh baik itu pendanaan, infrastruktur, dukungan kerjasama antara kementerian dan lembaga, BUMN, perusahaan swasta, serta yang paling penting adalah dukungan dari daerah.

"Nah, Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami. Itu semua dirumuskan lagi nanti tentu ada akan lahir keputusan dari Bapak Presiden," terang Zainudin.

"Kami belum tahu bentuknya seperti apa yang pasti desain besar ini akan kami dorong, karena ini satu perencanaan prestasi olahraga kita yang dalam jangka panjang dan terdesain dengan bagus,” tutur Zainudin.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved