Berita Nasional

Andi Mallarangeng Ungkap Partai Koalisi yang Minta AHY Maju Lawan Anies dan Ahok di Pilgub DKI

Andi Mallarangeng mengungkapkan, partai koalisilah yang meminta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju di Pilgub DKI Jakarta lawan Anies dan Ahok.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng berkunjung ke Kantor Redaksi Warta Kota, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Senin (15/3/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka wawancara khusus terkait perkembangan Partai Demokrat terkini. 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH -- Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengungkapkan bahwa partai koalisilah yang meminta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

Hal ini diungkapkan Andi ketika ditanya mengenai AHY yang saat itu tengah aktif di kemiliteran secara mengejutkan mengundurkan diri dan memilih untuk maju di Pilgub DKI Jakarta melawan Ahok dan Anies kala itu.

Andi mengatakan, ketika menjelang Pilgub DKI Jakarta 2017-2022, Partai Demokrat bersama partai koalisi tengah mencari sosok yang mampu diusung untuk maju ke Pilgub DKI, namun muncullah nama AHY yang diminta partai koalisi saat itu.

Video: Rumah Dikelilingi Pagar Beton di Tangerang, Penghuni Mulai Terdampak

Saat itu, Andi mengungkapkan bahwa munculnya nama AHY untuk maju di Pilgub DKI tak pernah terpikirkan.

Bahwa ketika itu AHY tengah menjalani tugas militer di Australia secara tiba-tiba namanya diminta untuk maju di Pilgub DKI saat itu.

"Jadi secara tiba-tiba koalisi partai sedang mencari figur calon Gubenur bersiang dengan pak Ahok dan pak Anies. Kemudian ketika dicari tidak ketemu figur yang kuat itu, akhirnya mereka menunjuk kenapa tidak putra Pak SBY saja," kata Andi Mallarangeng ketika berkunjung ke redaksi wartakotalive.com, Senin (15/3/2021).

Dikatakan Andi Mallarangeng, ketika nama AHY muncul, tidak serta merta Susilo Bambang Yudhoyono langsung menyetujui nama AHY masuk dalam daftar bursa Pilgub 2017.

Baca juga: Laporkan Andi Mallarangeng, Moeldoko Diminta Hadir Langsung ke Polda Metro Jaya, Tak Boleh Diwakili

Baca juga: Moeldoko Jadi Ketua Umum Partai Demokrat Versi KLB, Andi Mallarangeng: Kami akan Melawan!

SBY bahkan meminta secara langsung untuk menemui AHY mengenai penunjukan nama putranya itu.

Selain SBY, putranya AHY pun juga sempat menolak tawaran itu. Namun, pihak koalisi partai terus melobi AHY untuk mau maju di Pilgub DKI 

"Ya mungkin saat itu diyakinkan oleh para kader Demokrat dan kader partai koalisi. Mengatakan bahwa pengabdian kepada negara bisa berbagi cara tidak hanya di militer, bisa ke politik, mungkin saat itu mas AHY anggap itu duty call," kata Andi.

Di saat itu, pada akhirnya AHY pun memutuskan untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2017-2022.

Baca juga: Andi Mallarangeng: Elektabilitas Moeldoko Cuma Nol Koma, Sudah Pernah Gagal Juga di Partai Lain

Namun, meski kalah di Pilgub, Andi menganggap bahwa AHY mendapatkan sambutan yang luar biasa di seluruh Indonesia, tidak hanya di DKI.

Meski mimpi AHY di militer harus terkubur, tentu hal itu tidak mudah bagi AHY kala itu.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved