Breaking News:

Besok Uji Coba Rute Angkutan Rel Kereta Cepat, Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Tol

Besok Uji Coba Rute Angkutan Rel Kereta Cepat, Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Tol Atur Waktu Perjalanan. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Jasa Marga
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan tol pada Senin (15/3/2021) besok, untuk mengantisipasi kemacetan karena adanya uji coba kendaraan pengangkut rel kereta cepat Jakarta-Bandung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan tol pada Senin (15/3/2021) besok, untuk mengantisipasi kemacetan karena adanya uji coba kendaraan pengangkut rel kereta cepat Jakarta-Bandung.

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head Bagus Cahya A.B mengatakan, pihaknya mengimbau pengendara dan pengguna jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan saat uji coba berlangsung.

"Uji coba kendaraan angkutan rel kereta cepat Jakarta-Bandung ini, akan berlangsung mulai 05.00 WIB hingga 12.30 WIB," kata Bagus dalam keterangannya, Minggu (14/3/2021).

Ia juga menjelaskan, ruas jalan yang akan berlangsung uji coba kendaraan pengangkut rel ini diantaranya alan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E3 dan E2 (Rorotan-Cikunir), Jakarta-Cikampek, Cikampek-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Ini Kata Atta Halilintar Saat Lamaran dan Akad Nikahnya Diprotes Karena Disiarkan Langsung Televisi

Bagus juga mengungkapkan, bahwa Kendaraan yang akan mengikuti uji coba besok adalah Multi-Axle Trailer 32 Axle yang dikawal mobil storing, mobil kawalan dengan rotator, prime mover dan mobil patwal.

Terkait jalur uji coba kendaraan pengangkut rel kereta cepat ini, lanjut Bagus, dimulai dari Dermaga 114/114 Pelabuhan Tanjung Priok dan memasuki area tol lewat Gerbang Tol (GT) Semper 2 Jalan Tol Akses Tanjung Priok menyusuri Jalan Tol JORR.

"Kemudian angkutan akan melanjutkan perjalanan ke Jalan Tol JORR Seksi E3 dan E2 dari Rorotan sampai dengan Cikunir ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan melintasi Simpang Susun Cikunir hingga menuju Jalan Tol Cipularang," ucap Bagus.

Setelah itu, kendaraan terus melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Padaleunyi. Bagus juga menyampaian, bahwa nantinya Di Jalan Tol Padaleunyi angkutan akan putar balik di GT Cileunyi untuk masuk ke Jalan Tol Padaleunyi arah Jakarta dan akan berhenti di akses masuk Km 150+200 Tegalluar.

"Total waktu yang dibutuhkan oleh rombongan kendaraan pengangkut rel kereta cepat ini, yang tidak diisi muatan disimulasikan mencapai 7,42 jam dan diperkirakan akan tiba di lokasi pukul 12.30 WIB," ucap Bagus.

Warga Duta Harapan Ini Selalu Meradang, Sering Terjebak Macet Padahal 300 Meter Lagi Sampai Rumah

"Untuk keselamatan saat melintas jalan tol, maka angkutan rel kereta cepat ini akan melintas dengan kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam dan maksimum 50 kilometer per jam," lanjutnya.

Terkait adanya uji coba tersebut, pihak Jasa Marga meminta kerjasama pengguna jalan lain untuk dapat mengatur waktu perjalanannya agar tidak menimbulkan kemacetan parah.

"Kami juga meminta maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan terkait potensi kepadatan yang akan terjadi pada Senin nanti," ucap Bagus. (Hari Darmawan)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved