Breaking News:

Plasma Konvalesen

PMI DKI Telah Distribusikan 3.673 Kantong Plasma Konvalesen ke Rumah Sakit Ibu Kota

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta telah mendistribusikan 3.673 kantong plasma konvalesen ke beberapa rumah sakit di Jakarta.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Valentino Verry
Dokumentasi Humas Polda Metro Jaya
Polda Metro Jaya melaksanakan Program Kemanusiaan Setetes Darah dengan Penuh Harapan. Puluhan anggota Polri yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh serta sehat dengan kondisi terbaiknya dikirim untuk melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia di Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta telah mendistribusikan 3.673 kantong plasma konvalesen ke beberapa rumah sakit di Jakarta.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan jika hingga saat ini PMI DKI terus berupaya memberikan layanan donor plasma konvalesen bagi penyintas covid-19.

"Alhamdulillah hingga saat ini PMI DKI telah menstranfusi plasma konvalesen ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan sebanyak 3.673 kantong," kata Rustam Effendi di PMI DKI, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan Rustam, permintaan plasma konvalesen saat ini memang cenderung mengalami peningkatan, untuk itu pihaknya berupaya pengajak para penyintas covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Baca juga: Gagal Jadi Pendonor Plasma Konvalesen? Mungkin Ini Penyebabnya, Simak Selengkapnya

Baca juga: Keterbatasan Alat, UTD PMI Kota Bekasi Hanya Layani Lima Pendonor Plasma Konvalesen Dalam Sehari

Baca juga: Orang Tanpa Gejala Penyintas Covid-19 Banyak yang Tak Lolos Tes Jadi Donor Plasma Konvalesen

Baca juga: Polresta Bandara Soekarno-Hatta Gelar Kegiatan Screening Calon Pendonor Plasma Konvalesen

Meskipun Rustam mengakui jika pihaknya memiliki data para penyintas.

Kendati demikian pihaknya tidak bisa secara langsung mendatangi, karena menyangkut kerahasian, untuk itu perlu peran bagi penyintas.

"Ini memang diperlukan kerjasama bagi para penyintas covid-19  di Jakarta agar rela mendonorkan dan nanti kita akan salurkan bagi para warga yang membutuhkan," ujarnya.

Secara teknis dikatakan Rustam tidak ada kendala dalam proses pengambilan plasma konvalesen, namun jumlah plasma konvalesen belum sebanding dengan permintaan dari rumah sakit.

"Secara teknis tidak ada kendala, makannya itu kami mengajak para kawan penyintas covid-19 mau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu kawan kita yang berjuang dari covid-19," ujarnya.

Saat ini total ada lima alat donor plasma konvalesen yang dimiliki PMI DKI Jakarta. Kedepan Rustam berencana akan menambah alat donor plasma konvalesen, sehingga dapat memperbanyak proses pengambilan plasma konvalesen.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved