Breaking News:

Stok Darah PMI DKI

PMI DKI Gandeng Sejumlah Komunitas Hingga Atlet Sepak Bola untuk Memenuhi Stok Darah saat Ramadan

Dalam upaya memenuhi stok darah menjelang Ramadan, PMI DKI Jakarta mengandeng beberapa komunitas hingga atlet sepak bola profesional.

Wartakotalive.com/Lucky Oktaviano
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan sejak pandemi stok darah di PMI DKI Jakarta kurang dari target yang harus dipenuhi setiap harinya. Maka, kini pihaknya berupaya keras untuk meenuhi target tersebut. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam upaya memenuhi stok darah menjelang Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengandeng beberapa komunitas hingga atlet sepak bola profesional.

Langkah ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah PMI DKI yang dalam sehari harus memiliki 1.000 sampai 1.200 kantong darah.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan sejak pandemi stok darah di PMI DKI Jakarta kurang dari target yang harus dipenuhi setiap harinya.

Hal ini terjadi karena adanya pembatasan keluar rumah, hingga beberapa kantor yang biasa melaksanakan donor darah rutin kini tidak berjalan karena adanya pembatasan karyawan.

"Untuk itulah kita melakukan kerjasama dengan komunitas yang ada di Jakarta termasuk pengurus tingkat wilayah dan para atlet profesional, sehingga mengurangi keterbatasan stok darah," kata Rustam, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Rajin Mendonor Darahnya, Itu Salah Satu Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Mentato Bagian Tubuhnya

Baca juga: BRI Agro Bersama PMI Menggelar Kegiatan Donor Darah Lewat Acara Bertajuk Everyone Could Be a Hero

Baca juga: HMI Tangerang Raya Gelar Donor Darah Kemanusiaan

Dikatakan Rustam, Komunitas olahraga yang bekerjasama dengan PMI dalam rangka donor darah diantaranya yaitu mantan pemain bola profesional, nanti mereka akan mengoordinir para pemain dan suporter sepak bola untuk donor darah.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendampingan dengan menyiapkan tenaga medis dan ambulance saat latihan pertandingan agar insiden cedera fatal pemain dapat teratasi.

"Kemarin ada mantan pemain bola profesional juga bekerjasama dengan PMI berupa donor darah. Kita juga berikan pendampingan dengan menyiapkan tenaga medis dan ambulance agar insiden cedera serius dapat segera di atasi," katanya.

Tak hanya itu, dikatakan Rustam, pihaknya juga terbantu dengan adanya surat edaran Sekda DKI untuk semua kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota untuk melakukan donor darah massal di wilayah masing-masing.

"Intinya apa yang PMI lakukan  tidak boleh terhenti, terus kita lakukan sehingga krisis darah itu InsyaAllah tidak terjadi di DKI Jakarta," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved