Breaking News:

Berita Nasional

BLU Dibentuk, Candi Borobudur Terintegrasi dengan Desa Wisata, Sandiaga Uno : Harapan Baru

Gandeng Kemendikbud, Sandiaga Uno Bentuk BLU Candi Borobudur, Kawasan Cagar Budaya Nantinya Terintegrasi dengan Desa Wisata

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Sandiaga Uno genjot pariwisata domestik melalui program Bangga Berwisata di Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Candi Borobudur yang termasuk dalam lima destinasi super prioritas (DSP) Indonesia akan dikembangkan secara profesional dan modern ke depannya.

Terkait hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia akan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) Candi Borobudur.

Kabar baik itu disampaikan  Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno usai menjalani rapat koordinasi bersama yang dipimpin Menteri Koordinatior Maritim dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan pada Jumat (12/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Mendikbud, Nadiem Makarim beserta jajarannya, Sandiaga Uno dan Wakilnya, Angela Tanoesoedibjo; Menteri PUPR yang diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti dan Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian.

Selain itu, Menteri BUMN yang diwakili oleh Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Carlo B. Tewu; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo serta Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

Baca juga: Alasan Sudah Lewat Jam kerja, Jenazah Etjih Sukaesih Ditolak Pengelola TPU Kalisari

Dalam pertemuan tersebut Sandiaga Uno memaparkan BLU Candi Borobudur akan mengelola seluruh wilayah dari segi kebijakan koordinatif maupun otoritatif, tentunya dengan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah daerah.

"Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan menjadi PIC, akan menjadi person in charge yang akan membentuk BLU dan proses ini akan kita kebut selama tiga bulan ke depan dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN, agar 1 Juli 2021 BLU ini sudah bisa berdiri dan dengan target mulai beroperasi secara resmi 15 Desember 2021," jelas Sandiaga Uno pada Jumat (13/2/2021).

"Sehingga pengelolaan dari pariwisata berbasis cagar budaya dan kelestarian dari warisan budaya kita ini akan satu pintu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BLU tersebut yang akan menampung semua stakeholders pariwisata, pemerintah daerah dan lain sebagainya," paparnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan Polri, Sandiaga Uno Bakal Buka Kembali Event Olahraga, Musik hingga Pameran

Dalam pertemuan tersebut,seluruh pihak juga menyepakati konsep pariwisata Candi Borobudur, yakni berbasis kelestarian cagar budaya.

Lewat konsep tersebut, diharapkan dapat mengurangi dampak buruk dari kedatangan wisatawan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved