Banjir Jakarta

UPDATE Tinggi Muka Air Kamis 11 Maret 2021: Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Naik Status Jadi Siaga 2

Kamis (11/3/2021) pukul 05.00 tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara naik status dari Siaga 3 atau waspada ke Siaga 2 atau awas.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Tinggi muka air di pos pantau Pasar Ikan Jakarta Utara naik status dari Siaga 3 atau waspada ke Siaga 2 atau awas, Kamis (11/3/2021). Foto ilustrasi: Jalan Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (8/2/2021) pagi tergenang akibat luapan Sungai Ciliwung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Tinggi muka air (TMA) di pos pantau Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara naik status dari Siaga 3 atau waspada ke Siaga 2 atau awas, Kamis (11/3/2021).

Sebelumnya, pada pukul 04.00 WIB Pintu Air Pasar Ikan berstatus Siaga 3, satu jam kemudian statusnya naik ke Siaga 2 atau awas.

Apa itu Siaga 2?

Siaga 2 artinya, bila wilayah genangan air mulai meluas, maka akan ditetapkan Siaga 2.

Penanggung jawab untuk siaga 2 ini adalah Ketua Harian Satkorlak Penanggulangan Bencana Provinsi (PBP) yaitu sekretaris daerah.

Berdasarkan laporan yang dirilis Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta di laman twitter @Dinas SDAJakarta, Kamis, kondisi cuaca di sekitar empat pintu air hujan,  empat pintu air lainnya kondisi di sekitarnya gerimis, sisanya cuacanya mendung.

Dari 13 pintu air (PA) yang dipantau oleh Dinas Sumber Daya Air Jakarta, empat pintu air yang status Siaga 3 adalah Angke Hulu, Sunter Hulu, Pasar Ikan, dan Marina Ancol.

Sedangkan sembilan pintu air lainnya berstatus Siaga 4 atau normal.

Namun pada pukul 05.00 WIB, Pintu Air Pasar Ikan naik status jadi Siaga 2 atau awas.

Video: Konferensi Pers Menpora Terkait Evaluasi Prokes pada Laga Uji Coba

Apa itu Siaga 3?

Siaga 3 artinya hujan yang terjadi menyebabkan terjadinya genangan air di lokasi-lokasi tertentu, tetapi kondisinya masih belum kritis dan membahayakan.

Meski demikian, bila status siaga 3 sudah ditetapkan, masyarakat sebaiknya mulai berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya dari berbagai kemungkinan bencana banjir.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca 3 Hari Kedepan Akibat Sirkulasi Siklonik Samudera Pasifik Utara

Baca juga: Satgas: Fenomena Long Covid Pasien Sembuh Tidak Menular ke Orang Lain di Sekitar, Simak Gejalanya

Siaga 3, penanganannya diserahkan pada masing-masing suku dinas pembinaan mental dan kesejahteraan sosial (Bintal Kesos) di masing-masing wilayah.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved