Breaking News:

Hari Raya Nyepi

Wali Kota Imbau ASN Se-Jakarta Barat Tetap di Rumah Saat Libur Panjang Isra Miraj dan Nyepi

Ini Imbauan Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto kepada seluruh ASN di Jakarta Barat untuk tidak berpergian saat libur panjang Isra Miraj dan Nyepi.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Desy Selviany
Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Rabu (10/3/2021), mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta Barat untuk tidak berpergian saat libur panjang Isra Miraj Kamis (11/3/2021) nanti. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEMBANGAN -- Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta Barat untuk tidak berpergian saat libur panjang Isra Miraj Kamis (11/3/2021) nanti.

"Saya menyampaikan imbauan dan ajakan kepada ASN dalam waktu dekat hadapi libur Isra Miraj agar libur di rumah saja karena situasi kondisi saat ini pandemi," ujarnya dikonfirmasi Rabu (10/3/2021).

Uus mengatakan, saat ini situasi Covid-19 di Jakarta sudah melandai. Oleh karenanya diperlukan upaya-upaya ekstra agar kasus tidak kembali melonjak.

Satu di antaranya tidak ke luar kota atau berpergian keluar rumah saat libur Isra Miraj mendatang.

Uus juga mengimbau agar perayaan Isra Miraj di perkantoran pemerintah dilakukan secara daring sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Apabila tetap membandel, Uus menjamin ada sanksi yang diterima ASN apabila ketahuan memanfaatkan libur panjang dengan keluar kota.

Baca juga: HUT ke-24 Kota Bekasi/ Agar Terbebas Banjir, Pengamat Minta Pemkot Bekasi Lakukan Empat Langkah Ini

Baca juga: Ini Alasan Wali Kota Bima Arya Hentikan Sementara Kebijakan Ganjil Genap di Kota Bogor

Ia berharap ASN dapat menjadi contoh di masyarakat dalam menekan penularan virus Sars Cov2.

"Jangan sampai ASN imbau tapi diri sendiri tidak ikuti aturan pemerintah," tandasnya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengeluarkan larangan aparatur sipil negara (ASN) melakukan perjalanan ke luar daerah selama libur Isra Miraj Muhammad SAW dan Hari Suci Nyepi 2021.

Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 06/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi ASN selama Hari Isra Miraj dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: SIM Keliling Jakarta Hari Ini Rabu 10 Maret 2021, Simak Juga Lokasi Beberapa Kota di Indonesia

“Pegawai ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik sejak 10 Maret sampai 14 Maret 2021,” demikian bunyi SE yang dia tandatangani, Senin 8 Maret 2021.

"Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang, perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi ASN selama Hari Isra Miraj dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dalam masa pandemi Covid-19," jelasnya.

ASN yang melanggar ketentuan dalam SE itu akan mendapat sanksi disiplin sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. 

Baca juga: Bima Arya: Vaksin Covid-19 Telah Bekerja, Terbukti Nakes Tertular di Kota Bogor Nihil

Berdasarkan PP 53 Tahun 2010 Pasal 7 hukuman disiplin terdiri dari ringan, sedang dan berat. Hukumannya mulai dari teguran hingga pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS. (m24)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved