Breaking News:

Dinas Perhubungan DKI Klaim Kualitas Udara di Kawasan Kota Tua Membaik Setelah Penerapan LEZ

Biasanya kawasan Kota Tua hanya digunakan sebagai lintas warga, sehingga pergerakan warga di sekitar lokasi cenderung berkurang

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Desy Selviany
Suasana kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat saat penerapan LZE perdana, Selasa (9/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penerapan Low Emission Zone (LEZ) di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, diklaim membuat kualitas udara di kawasan Kota Tua membaik dibandingkan sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Ia mengatakan penerapan low emission zone ini untuk menurunkan polusi udara yang terjadi di kawasan Kota Tua itu.

"Dari hasil evaluasi kami bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup memang terjadi perbaikan kualitas udara di kawasan Kota Tua setelah diterapkan low emission zone," kata Syafrin, Selasa (9/3/2021).

Dikatakan Syafrin, biasanya kawasan Kota Tua hanya digunakan sebagai lintas warga, sehingga pergerakan warga di sekitar lokasi cenderung berkurang, dan tidak menjadikan kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata.

Oleh karena itu, dengan diberlakukanya low emission zone di kawasan Kota Tua karakteristik pergerakan warga di sekitar lokasi lebih banyak, sehingga upaya untuk menjadikan kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata pun terpenuhi.

Baca juga: VIDEO Pembuang Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil di Taman Safari Ternyata Lansia 64 Tahun

Baca juga: VIRAL Suster Ann Roza Berlutut di Aspal Memohon Polisi Tidak Menembak, Tapi 2 Pendemo Mati Ditembak

Sementara Syafrin merespon mengenai kemacetan di jalur lain yang terjadi usai penerapan low emission zone. Hal ini karena adanya penumpukan kendaraan, untuk itu pihaknya memperlakukan rekayasa lalu lintas.

"Memang tahap awal itu akan ada kepadatan di beberapa jalan alternatif karena otomatis seluruh kendaraan yang tadinya melintas di alihkan," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan Low Emission Zone (LEZ) atau Kawasan Rendah Emisi akan kembali diberlakukan pada Kawasan Kota Tua, mulai Senin (8/2/2021).

Pemberlakukan Kawasan Rendah Emisi di Kawasan Kota Tua itu setelah melewati evaluasi uji coba pada Desember 2020.

Selain bertujuan untuk mengurangi emisi gas yang ditimbulkan kendaraan bermotor, Kawasan Rendah Emisi ini merupakan awal dari penataan Kawasan Kota Tua.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved