Breaking News:

Berita Daerah

Mensos Resmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Disabilitas Kartini Temanggung

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung.

dok ditjen rehabilitasi sosial
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung. 

WARTAKOTALIVE.COM, TEMANGGUNG - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung.

Peresmian ini adalah kali kedua setelah sebelumnya Sentra Kreasi Atensi di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi diresmikan oleh Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin.

Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial berusaha untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak dan perlindungan bagi penyandang disabilitas, melalui Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 19 (sembilan belas) Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau Balai Rehabilitasi Sosial, salah satunya Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung.

Sentra Kreasi Atensi di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung ini merupakan salah satu wujud nyata dan upaya dari Kementerian Sosial untuk bisa memberikan sarana bagi pengembangan keterampilan vokasional  dan kewirausahaan serta media promosi untuk penerima manfaat.

"Saya yakin dengan segera dibukanya Sentra Kreasi Atensi para saudara kita yang disabilitas bisa segera mendapat manfaatnya", kata Risma, dalam siaran persnya Sabtu (6/3/2021).

Melalui Sentra Kreasi Atensi, para penyandang disabilitas yang ada di Balai Besar Kartini Temanggung diberikan pendampingan dan penguatan untuk kegiatan kewirausahaan melalui usaha kafe, galeri, laundry dan juga berjualan di toko kelontong.

Selain itu produk Batik Ciprat hasil karya penyandang disabilitas di Shelter Workshop Peduli dari 30 unit yang tersebar di 23 Kabupaten. juga akan dapat dipasarkan dan dipromosikan melalui galeri Atensi Kartini.

Shelter Workshop Peduli merupakan shelter untuk tempat bekerja penyandang disabilitas berbasis komunitas, melibatkan masyarakat lokal dalam penyediaan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas dan telah berlangsung sejak 2015.

Secara keseluruhan Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Disabilitasi Kartini Temanggung telah berhasil memberdayakan 580 orang penyandang disabilitas.

Halaman
12
Penulis: M Nur Ichsan Arief
Editor: M Nur Ichsan Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved