Breaking News:

Berita Nasional

Ciptakan Pemerintahan Bersih dan Profesional, Camat Harus Miliki Kompetensi Lengkap

Profesional Layani Masyarakat, Camat Harus Miliki Kompetensi Lengkap, Mulai dari Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih hingga Menjaga Persatuan Bangsa

Istimewa
Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Teguh Setyabudi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pentingnya para camat sebagai perpanjangan tangan pemerintah dibutuhkan dalam penyelenggaraan publik. 

Seorang camat pun harus memiliki kompetensi, bukan hanya sebatas melayani masyarakat, tetapi juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Teguh Setyabudi saat menutup acara bertajuk 'Pendidikan dan Pelatihan Teknik Perumusan Strategi Penanganan Konflik bagi Camat di Lingkungan Pemerintah Daerah' di Kemendagri pada Jumat (5/3).

Baca juga: ZODIAK KEUANGAN Sabtu 6 Maret Gemini Semangat Cari Peluang, Libra Boros, Aquarius Ada Tambahan

Dalam kesempatan tersebut, Teguh Setyabudi menegaskan seorang camat harus dibekali dengan kompetensi yang lengkap agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Kompetensi tersebut dijelaskannya meliputi kemampuan dan karakteristik dalam melaksanakan tugas pengelolaan pemerintahan sesuai dengan jenjang jabatannya secara profesional.

"Setiap ASN harus memenuhi standar kompetensi, apalagi Camat yang punya tanggung jawab besar di wilayah masing-masing," kata Teguh dalam siaran tertulis pada Sabtu (6/3/2021). 

Baca juga: Bencoolen Coffee dan Warkop Digital Dukung Kartu Prakerja Gelombang 13

Lebih lanjut ia mengatakan, BPSDM Kemendagri sangat serius terhadap pengembangan sistem pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi aparatur sipil negara (ASN).

"Harapan kami sistem tersebut nantinya akan meningkatkan kemampuan dan karakteristik setiap ASN. Jika kompetensi ASN meningkat maka pelayanan akan membaik, jika pelayanan membaik, rakyat pun akan bahagia," kata Teguh.

Selain itu, Teguh juga mengingatkan, camat sebagai kader aparatur penyelenggara pemerintahan di daerah harus mampu mengambil peran strategis sebagai garda terdepan perekat persatuan NKRI.

"Adanya penanaman nilai-nilai yang terkandung di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ini diharapkan mampu mendorong bapak/ibu menjadi semakin profesional. Tidak hanya dalam upaya mewujudkan good and clean governance, tetapi juga menjadi agen penjaga keutuhan bangsa dari berbagai ancaman konflik," tutupnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved