Berita Bogor

Bima Arya dan 12 Wali Kota di Indonesia Sepakat Dorong 3 Isu Penting ke Pemerintah Pusat

Bima Arya dan 12 Wali Kota di Indonesia sepakat dorong 3 isu penting ke Pemerintah Pusat.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Dok. Pemkot Bogor
Bima Arya dan 12 Wali Kota di Indonesia sepakat dorong 3 isu penting ke Pemerintah Pusat. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Bima Arya dan 12 Wali Kota di Indonesia sepakat dorong 3 isu penting ke Pemerintah Pusat.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, bersama 12 Wali Kota di Indonesia menggelar rapat.

Bima Arya yang juga menjabat Ketua Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) rapat bersama pengurus dan pimpinan Komisariat Wilayah (Komwil) Apeksi periode 2021-2024.

Rapat Pengurus Apeksi itu dilakukan di Hotel Bigland, Jalan Malabar, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (6/3/2021).

Rangkaian acara dibuka dengan melaksanakan aktivitas olahraga pagi jalan sehat dan sarapan di kawasan Kebun Raya Bogor.

Sebelum kembali melaksanakan rapat, rombongan para wali kota itu sempat mengelilingi jalur Sistem Satu Arah (SSA) menaiki bus Uncal.

Baca juga: Setahun Covid-19 di Indonesia, Pemkot Bogor Turunkan Kasus Positif Covid-19 Melalui Ganjil Genap

Tepat pukul 09.30 WIB, rapat perdana pengurus Apeksi dimulai yang langsung dipimpin Bima Arya.

Mereka membahas sejumlah agenda dan isu terkini, yakni program kerja Apeksi Tahun 2021 dan rekomendasi Apeksi kepada Pemerintah Pusat terkait isu kekinian.

Di antaranya adalah Penguatan Economy Recovery dimasa pandemi, Penguatan Data Bantuan Sosial yang akurat dan transparan, hingga mendorong dianggarkannya kembali Dana Kelurahan guna mendukung kebijakan pencegahan dan penanganan Covid19.

Bima Arya yang juga menjabat Ketua Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) rapat bersama pengurus dan pimpinan Komisariat Wilayah (Komwil) Apeksi periode 2021-2024.
Bima Arya yang juga menjabat Ketua Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) rapat bersama pengurus dan pimpinan Komisariat Wilayah (Komwil) Apeksi periode 2021-2024. (Dok. Pemkot Bogor)

Agenda lainnya adalah audiensi dengan sejumlah mitra, salah satunya dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) yang diwakili Rektor IPB University, Prof. Arif Satria.

Kemudian Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Fatah Sulaiman dan Rektor Universitas Pakuan Bogor, Prof. Bibin Rubini.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Apeksi dengan FRI tentang sinergitas kota dengan kampus di Taman Ekspresi, Sempur, Kota Bogor.

Baca juga: Pemkot Bogor Raih Penghargaan Menteri Lingkungan Hidup Lantaran Berhasil Kurangi Sampah 16,2 Persen

Selanjutnya dilakukan penanaman pohon oleh para wali kota pengurus Apeksi dan Ketua FRI.

Ketua Apeksi, Bima Arya didampingi Pengurus Apeksi dan FRI menuturkan, dalam pertemuan tersebut pihaknya sepakat untuk mendorong penguatan kapasitas dari sesama anggota Apeksi.

Baca juga: Pemkot Bogor Jadikan Pusdiklatwas BPKP Ciawi Sebagai Pusat Isolasi Pasien Covid-19 OTG Kota Bogor

Sebab, banyak wali kota baru yang perlu didukung.

“Kami akan mendorong sharing session, karena Apeksi adalah wadah kekeluargaan dan saling berbagi. Berikutnya banyak langkah penguatan internal yang juga dibahas, kepengurusan dan kesekretariatan untuk kemajuan bangsa serta negara, disamping terobosan-terobosan yang sangat penting,” kata Bima Arya.

Ketua FRI, Rektor IPB University, Prof Arif Satria yang didampingi Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof Fatah Sulaeman mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama antara FRI dengan Apeksi.

Arif menambahkan bahwa ada tiga tantangan yang dihadapi kota yaitu digitalisasi, green dan sosial ekonomi.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved