Breaking News:

Berita Nasional

Moeldoko Dalangi KLB Partai Demokrat, Presiden Jokowi Diminta Tertibkan Anak Buahnya

Moeldoko Dalangi KLB Partai Demokrat, Presiden Jokowi Diminta Tertibkan Anak Buahnya. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Rapat pengurus DPD Partai Demokrat DKI Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Moeldoko jadi dalang dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Presiden Joko Widodo diminta segera menertibkan anak buahnya. 

Pasalnya, KLB Partai Demokrat itu dihadiri oleh kader yang tidak memiliki suara sah bahkan telah berhijrah ke partai lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Santoso. 

"Presiden harus menertibkan anak buahnya karena berupaya merebut kepemimpinan dengan cara-cara tidak sah. Upaya KLB atau kami menyebutnya Gerakan Pengambilalihan Kekuasaan Partai Demokrat (GPK-PD) itu dihadiri kader-kader yang dipecat dan kader yang telah memiliki KTA partai lain," ujar Santoso dalam siaran tertulis pada Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Ketua DPC Partai Demokrat Kab Bekasi Bakal Pecat Kader yang Hadiri KLB Kubu Moeldoko

Anggota Komisi III DPR RI ini meminta agar pemerintah yang berkuasa saat ini jangan mengulang sejarah yang terjadi saat orde baru.

Ketika itu, kata Santoso, pemerintah patut diduga mendalangi Kongres Partai Demokrasi Indonesia yang masih dipimpin Megawati Soekarnoputri.

"Pemerintah sekarang jangan mengulang kembali seperti yang dilakukan oleh Orde Baru kepada PDI pimpinan ibu Megawati dengan mendukung bahkan mendalangi KLB PDI Suryadi yang akhirnya memunculkan dua kepengurusan PDI," kata Santoso.

Baca juga: Kader dan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Bekasi Dipastikan Tidak Hadiri KLB Partai Demokrat

Menurutnya, cara-cara memecah partai politik yang tidak sekubu dengan pemerintah sangat mencederai demokrasi.

Namun, tegas Santoso, Presiden Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan akan menjaga Marwah demokrasi itu dengan baik.

"Cara-cara itu sudah tidak layak lagi dilakukan oleh pemerintah saat ini karena hal itu sangat mencederai demokrasi. Saya yakin, Presiden Jokowi tidak akan mengulanginya seperti yang dilakukan pendahulunya," imbuh Santoso.

Seperti diketahui, KLB Partai Demokrat kubu Moeldoko digelar di ballroom Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (5/3/2021). 

Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief menyebutkan, KLB yang terjadi di hotel itu semula mengatasnamakan acara Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan akan dihadiri Moeldoko hingga Marzuki Alie.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved