Breaking News:

Berita Jakarta

Harga Cabai Segar Merangkak Naik, Pembeli di Pasar Induk Kramat Jati Beralih Beli Cabai Kering

Harga Cabai Segar Merangkak Naik, Pembeli di Pasar Induk Kramat Jati Beralih Beli Cabai Kering

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Memasuki awal tahun 2021, sejumlah komoditas bahan pokok seperti cabai melonjak naik di sejumlah pasar tradisional di Jakarta. Bahkan di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, harga cabai rawit merah tembus di angka Rp 100.000 per kilogram. Harga itu naik terhitung pada Minggu (3/1/2020) hari ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, Kramat Jati - Harga cabai rawit merah yang melonjak drastis mencapai Rp 120.000 hingga Rp 130.000 per kilogram membuat pembeli di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur lebih memilih untuk memborong cabai kering. 

Seorang pedagang cabai, Kuswinto mengatakan para pembeli langganannya mulai beralih dari yang biasanya belanja cabai segar ke cabai kering.

"Karena harga cabai kering lebih murah, setahu saya harga cabai kering sekarang Rp 80.000 per kilogram," kata Kuswinto, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Harga Cabai Merangkak Naik, Omzet Pedagang Pasar Kramat Jati Anjlok hingga 50 Persen

Dengan berbelanja cabai kering atau cabai segar yang kandungan airnya sudah berkurang karena dijemur di bawah matahari itu, para pembeli bisa memperoleh dalam jumlah banyak. 

"Walaupun memang enggak semua pedagang jual cabai kering. Orang-orang kan tetap lebih suka cabai segar, rasa pedasnya beda," katanya.

Menurut Kuswinto para pembeli yang beralih dari cabai segar ke cabai kering biasanya dilakukan pembeli saat harga komoditas cabai melonjak.

Siasat seperti itu lebih masuk akal bagi pembeli agar bisa tetap mengonsumsi cabai tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Baca juga: Pemain Timnas Futsal Indonesia Bambang Bayu Saptaji Kerap Pompa Diri untuk Menaikkan Level Permainan

"Sekarang harga semua jenis cabai naik, enggak hanya cabai rawit merah. Jadi beli cabai lain pun tetap mahal, cabai rawit hijau, cabai keriting," ucapnya.

Menurut Kuswinto sekarang ini harga cabai rawit merah sebesar Rp 120.000 hingga 130.000 per kilogram dari normalnya Rp 30.000 per kilogram.

Adapun cabai rawit hijau Rp 60.000 per kilogram dan cabai rawit keriting Rp 50.000 per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kilogram. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved