Breaking News:

Virus Corona

USAI Divaksin Covid-19, Jangan Unggah Sertifikat Vaksin ke Media Sosial Sembarangan, Ini Risikonya

Usai disuntik vaksin Covid-19, sebaiknya jangan nggah Sertifikat Vaksin ke media sosial secara sembarangan, mengapa?

Christof STACHE / AFP
Foto ilustrasi: Seorang petugas kesehatan mengisi jarum suntik dengan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 melawan virus korona baru di pusat vaksinasi di Freising, Jerman selatan, pada 2 Februari 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejak pemerintah memulai program vaksinasi Covid-19, di media sosial mulai ramai dengan unggahan terkait vaksinasi Covid-19.

Eforia masyarakat yang mengunggah saat disuntik vaksin itu normal dan wajar, sebagai ungkapan kegembiraan seseorang mendapatkan vaksin, yang sudah lama dinanti-nantikan.

Namun, eforia tersebut tidak boleh kebablasan, sehingga abai dengan risiko yang ditimbulkan akibat ceroboh mengunggah pascadivaksin ke medsos.

Video: Menkes Gunadi Sadikin Apresiasi Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di Kemayoran

Program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat sudah dimulai sejak bulan lalu, ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu tidak perlu mengunggah sertifikat vaksin ke media sosial atau membagikannya secara sembarangan.

"Terkait privasi data, masyarakat agar tidak sembarangan membagikan sertifikat vaksin Covid-19 atau tiket vaksinasi yang mengandung kode QR ke media sosial," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dalam pesan singkat kepada ANTARA.

Setelah tenaga kerja, kini giliran pekerja di pelayanan sektor publik, yang sehari-hari berinteraksi dengan masyarakat, dan warga lanjut usia yang mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Baca juga: DPRD DKI Minta Keluarganya Ikut Divaksin Covid-19, Jumlahnya Total 500 Orang

Baca juga: Halodoc Berharap Kuota Vaksin Covid-19 Drive Thru Ditambah Mengingat Antusias Tinggi Masyarakat

Prosedurnya pun sama, masyarakat bisa melihat jadwal vaksinasi melalui situs atau aplikasi PeduliLindungi.

Warga yang sudah mendapatkan jadwal vaksinasi akan diberikan tiket secara elektronik yang mengandung kode QR serta waktu dan tempat vaksinasi.

Setiap orang yang sudah divaksin Covid-19 akan mendapatkan sertifikat, tanda bahwa dia sudah disuntikkan vaksin pada tanggal tertentu.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved