Berita Jakarta

Antisipasi Banjir di Kawasan Cilandak, Isnawa Adji Inspeksi Pengerukan Kali Grogol

Antisipasi Banjir di Kawasan Cilandak, Isnawa Adji Inspeksi Pengerukan Kali Grogol. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji ketika meninjau langsung lokasi pengerukan kali Grogol, tepatnya di Jalan Kamboja RT 11/04 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (4/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Curah hujan tinggi di selatan Ibu Kota, seperti Bogor dan sekitarnya memicu banjir di sejumlah wilayah Jakarta Selatan beberapa pekan lalu.

Berkaca kepada bencana alam tersebut, pencegahan banjir menjadi prioritas Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Jakarta Selatan saat ini.

Upaya pengerukan sekaligus perbaikan turap pun kini tengah dikebut jajaran Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan.

Langkah mitigasi bencana tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji ketika meninjau langsung lokasi pengerukan kali Grogol, tepatnya di Jalan Kamboja RT 11/04 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (4/3/2021).

Pengerukan yang dilakukan dengan mengerahkan satu unit becho amphibi itu dijelaskannya bertujuan untuk mencegah kembali tergenangnya permukiman warga.

Pasalnya, banjir yang merendam permukiman warga pada beberapa waktu lalu itu diketahui imbas dari limpasan aliran Kali Grogol.

Baca juga: Berkaca Amerika Serikat, Sandi Optimis Bisnis Seni Pertunjukan Bangkit Pasca Pandemi Covid-19

"Pengerukan di Kali Grogol ini penting dilakukan untuk menambah volume Kali Grogol, sehingga apabila ada air kiriman lagi, kali ini bisa menampung dan tidak limpas ke permukiman warga," ungkap Isnawa Adji di lokasi pada Kamis (4/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Isnawa Adji turut memetakan sejumlah titik yang dinilainya menjadi pemicu banjir.

Dirinya pun meminta pihak Sudin SDA Jakarta Selatan untuk melakukan pengerukan lebih dalam.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji ketika meninjau langsung lokasi pengerukan kali Grogol, tepatnya di Jalan Kamboja RT 11/04 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (4/3/2021).
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji ketika meninjau langsung lokasi pengerukan kali Grogol, tepatnya di Jalan Kamboja RT 11/04 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (4/3/2021). (Istimewa)

Selain itu, membangun turap di sisi permukiman warga yang berbatasan langsung dengan Kali Grogol.

"Ada titik-titik lokasi yang bermasalah, di lokasi itu harus dilakukan pengerukan lebih dalam. Ada juga titik yang harus dibangun turap karena posisinya rendah," papar Isnawa Adji.

Baca juga: Gandeng BNPB, Sandi Petakan Masalah-Solusi Penanganan Covid-19 Pemulihan Sektor Parekraf Nasional

Hal serupa pun disampaikan Isnawa Adji ketika menyusuri sisi Kali Grogol mulai dari Jalan H Ipin hingga Jalan Lebak Bulus III, Lebak Bulus.

Area sepanjang 1,2 kilometer tersebut katanya harus dikeruk sedalam 1,5 meter karena sangat dangkal saat ini.

Beberapa titik di sepanjang aliran Kali Grogol yang terlihat menyempit pun dimintanya untuk diperlebar sekira 2,5 meter pada kedua sisinya.

"Harapan kami lewat revitalisasi Kali Grogol ini banjir bisa diantisipasi ke depannya. Permukiman warga bisa bebas banjir," tutupnya berharap.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved