Otomotif

18 Tahun Warnai Otomotif Tanah Air, Honda Jazz ‘Pamit’ Digantikan Honda City Hatchback

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menyuntik mati Honda Jazz setelah 18 tahun mengaspal di Indonesia. Kini, hanya tersisa 300 unit di dealer.

Wikipedia
Honda Jazz tahun 2001-2008. Setelah hadir di Tanah Air sejak 2003, Honda Jazz secara resmi dihentikan produksinya mulai Februari 2021. Setidaknya, ada tiga generasi Honda Jazz yang mengaspal di Indonesia selama 18 tahun. 

Sebagai ganti Honda Jazz di Tanah Air, HPM merilis Honda City Hatchback RS dengan mesin 1.500 cc yang diklaim lebih efisien.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menghentikan produksi Honda Jazz pada Februari 2021 dan sekarang hanya tersedia sekitar 300 unit di dealer.

Mobil berjenis hatchback yang menyasar segmen anak muda ini memiliki sejarah yang cukup panjang di industri otomotif Tanah Air.

Pertama kali meluncur di Jepang tahun 2001 dengan nama Honda Fit, mobil ini baru masuk ke Indonesia pada 2003 yang didatangkan langsung dari Thailand.

PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda menawarkan Jazz generasi pertama dalam dua tipe, yaitu tipe mesin i-DSI (Intelligent Dual and Sequential Ignition) dan tipe mesin VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) yang merupakan tipe tertinggi dengan mesin 1.5 liter.

Honda Jazz yang memboyong mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, i-DSI, mampu menghasilkan tenaga maksimal 85 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 128 Nm pada 2.700 rpm.

Sementara untuk mesin VTEC berkapasitas 1.5 liter dapat menghasilkan tenaga puncak 108 Hp pada 5.800 rpm dengan torsi maksimal 143 Nm pada 4.800 rpm.

Baca juga: Sejarah Panjang Honda Jazz yang Sekarang Disuntik Mati, Pertama Kali Masuk Indonesia pada 2003

Baca juga: HPM Putuskan Honda Jazz Tak Lagi Diproduksi di Indonesia, Kini Tersisa Stok Hanya 300 Unit

Generasi pertama Honda Jazz tertinggi sudah dijejali fitur keamanan lengkap mulai dari VTEC dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist), dengan dua airbag yang terletak di bagian pengemudi dan penumpang depan.

Hadirnya Jazz di Indonesia membawa isu yang sangat menarik, terlebih saat ada kabar bahwa logo titik di huruf ‘J’ mengandung emas.

Alhasil, saat itu banyak Honda Jazz yang titik di huruf ‘J’ hilang dicuri.

Baca juga: Brio RS Turun Rp 11 Juta Lebih, Ini Daftar Lengkap Potongan PPnBM Mobil Honda

Baca juga: Relaksasi PPnBM Berlaku, Ini Alasan Honda Tetap Optimistis Permintaan Meningkat

Honda Jazz 2008
Honda Jazz 2008 (mobilbekas.com)

Lebih sporty

Generasi kedua Honda Jazz hadir tahun 2007, Honda di Jepang benar-benar membuat mobil ini lebih luas secara dimensi dan lebih sporty, dengan ubahan pada sisi eksterior.

Ketika didatangkan ke Tanah Air, Honda Jazz tetap mempertahankan mesin 1.5 liter i-VTEC dengan daya maksimal 120 Hp pada 6.600 rpm dan torsi puncaknya 145 Nm pada 4800 rpm.

Kemudian, pada 2008 Honda Prospect Motor merilis varian baru dari Honda Jazz, yakni A, S dan RS yang menjadi tipe tertinggi.

Baca juga: Harga Resmi Mobil Xpander 2021 Setelah Dapat PPnBM 0 Persen, Diskon Sampai 18 Juta

Baca juga: Kena Relaksasi PPnBM, Harga Baru Suzuki All New Ertiga dan XL7 Segera Rilis

Teknologi canggih

Generasi ketiga Honda Jazz meluncur pada 2013 di Jepang, dengan ubahan besar pada eksterior dan interior.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved