Breaking News:

VIDEO PT KAI Daop 1 Jakarta Tertibkan Lapak Pedagang Disepanjang Jalur KA Pasar Gaplok

Selain menertibkan aktivitas pedagang di jalur KA tersebut, Eva juga menyebutkan, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penutupan permanen akses warga

Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta, melakukan penertiban lapak pedagang di sepanjang jalur rel Kereta Api (KA) di sekitar Pasar Gaplok kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta, melakukan penertiban lapak pedagang di sepanjang jalur rel Kereta Api (KA) di sekitar Pasar Gaplok kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, penertiban ini tentunya untuk mewujudkan keselamatan perjalanan KA yang aman dan nyaman.

"Kami menertibkan aktivitas warga di jalur rel sekitar Pasar Gaplok, dan mensterilisasi lingkungan dari benda atau bangunan yang dapat menyebabkan gangguan serta membahayakan operasional KA," kata Eva dalam keterangannya, Rabu (3/3/2021).

Selain menertibkan aktivitas warga di jalur KA tersebut, Eva juga menyebutkan, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penutupan permanen akses warga atau pedagang dari luar menuju jalur KA.

Baca juga: PT KAI Menertibkan Lapak Liar di Pinggir Rel Kereta sekitar Pasar Gaplok Senen

Baca juga: Dukung Kebijakan Anies Soal PPKM Mikro, MRT Ubah Headway Kereta Jadi 10 Menit

Eva menjelaskan, Kawasan Pasar Gaplok merupakan pasar yang sudah beraktivitas sejak puluhan tahun namun kini terdapat sejumlah lapak para pedagang yang berada area steril jalur rel KA.

"Maka dari itu melakukan sterilisasi dan juga mengajak warga setempat, untuk bekerjasama mewujudkan keselamatan perjalanan KA," kata Eva.

Baca juga: SELAMAT, KH Said Aqil Diangkat Jadi Komisaris Utama PT KAI, Merangkap Komisaris Independen

PT KAI Daop 1 Jakarta, lanjut Eva, akan terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar jalur KA agar lebih peduli akan peraturan yang sudah ditetapkan.

"Dalam penertiban ini kami menurunkan 272 personel, yang terbagi menjadi 262 personel dari internal PT KAI Daop 1 Jakarta dan bekerjasama dengan instansi keamanan eksternal sebanyak 10 personel," ujar Eva.

Ia mengungkapkan, bahwa penertiban dan penutupan akses jalan di Pasar Gaplok ini berjalan dengan lancar tanpa adanya perlawanan dari warga maupun pedagang karena sebelumnya telah ada pemberitahuan secara persuasif. 

VIDEO: Angga Bhagya Nugraha

Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved