Breaking News:

Virus Corona

Piala Menpora 2021 Bisa Timbulkan Klaster Baru Covid-19, IPW Minta Jokowi Batalkan

Ketua IPW Neta Pane minta gelaran Piala Menpora 2021 sebaiknya dibatalkan khawatir akan timbulkan klaster baru Covid-19

Tribunnews/Abdul Majid
caption: Menpora Zainudin Amali saat memberikan surat izin turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang sebelumnya didapatkan dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo ke Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (19/2/2021). 

Piala Menpora 2021 Bisa Timbulkan Klaster Baru Covid-19, IPW Minta Jokowi Batalkan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA  -- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menuturkan, walau banyak pihak sudah melarang, namun turnamen sepakbola Piala Menpora 2021, sepertinya akan tetap digelar, mulai pertengahan Maret 2021 mendatang.

"Jika ternyata even itu menjadi klaster baru Covid-19 dan terjadi korban sakit atau meninggal dunia, maka Menpora dan Kapolri yang memberi izin harus bertanggung jawab dan mundur dari jabatannya," kata Neta kepada Warta Kota, Rabu (3/2/2021).

Karenanya tambah Neta, IPW meminta Menpora dan Kapolri bersiap-siap bertanggungjawab, jika di even Piala Menpora nanti muncul klaster baru yang menyebabkan korban sakit dan meninggal dunia.

Baca juga: Apa itu Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Afrika Selatan, Brasil dan Inggris? Gejala Tidak Kelihatan

Baca juga: Rina Gunawan Dimakamkan Protokol Covid-19, Teddy Syach Pakai Alat Pelindung Diri

"Tanggungjawabnya, jika korban meninggal dunia, istri dan anak korban menjadi tanggungjawab Menpora dan Kapolri, termasuk pendidikannya. Selain itu, jika ada klub yang tidak mampu membayar gaji dan official nya selama even, maka Menpora dan Kapolri harus bertanggungjawab membayar gaji mereka," papar Neta.

Neta menjelaskan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sudah mengecam keras rencana digelarnya Piala Menpora, karena dikhawatirkan menjadi klaster baru Covid 19. 

"Untuk itu, kami mendesak Presiden Jokowi segera menegur Kapolri yang memberi izin Piala Menpora. Selain itu Pemda yang wilayahnya dijadikan lokasi Piala Menpora harus menolak pertandingan Piala Menpora digelar, karena dikhawatirkan menjadi klaster baru Covid 19," katanya.

Sebab situasi pandemi Covid-19, kata Neta, masih terus membawa korban jiwa. 

"Presiden Jokowi harus menegur Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam pemberian izin Piala Menpora yang akan digelar 20 Maret sampai 25 April 2021 di empat kota, Malang, Solo, Bandung dan Sleman," ujar Neta.

Bagaimana pun even ini, katanya, jelas-jelas akan menciptakan kerumunan kendati pertandingannya sendiri tidak ada penonton. 

Baca juga: Piala Menpora 2021 Dibuka di Solo, Ketum PSSI Ungkap Alasannya

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved