Breaking News:

Berita Bekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Usul Kasih Uang untuk Pendonor Plasma Konvalesen

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengajukan usul untuk memberikan uang kepada pendonor plasma konvalesen (PK) di Kota Bekasi.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Intan Ungaling Dian
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengusulkan memberikan uang kepada pendonor plasma konvalesen. Alasannya, pemberian uang itu sebagai pengganti waktu yang digunakan pendonor saat mendonorkan plasma konvalesen selama 2-3 jam. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengajukan usul untuk memberikan uang kepada pendonor plasma konvalesen (PK) di Kota Bekasi.

Pendonor plasma darah konvalesen merupakan orang yang telah sembuh dari infeksi virus corona Covid-19 atau penyintas Covid-19.

Usulan pemberian uang kepada pendonor darah konvalesen itu dicetuskan lantaran Rahmat Effendi menilai, waktu yang diperlukan bagi warga untuk mendonor memakan waktu 2-3 jam.

"Bahkan saya bilang kalau perlu, seumpamanya kita kasih aja uang makan sehari berapa untuk dia (pendonor)," kata Rahmat saat ditemui di UTD PMI Kota Bekasi, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Penyintas Covid-19 Pegawai RSUD Kota Bekasi Donorkan Plasma Konvalesen

Baca juga: VIDEO Letjen Doni Monardo Donorkan Plasma Konvalesen di PMI, Bersyukur Sembuh dari Covid

Uang pengganti biaya transportasi itu agar keluarga penyintas Covid-19 yang mendonorkan PK tidak merasa keberatan waktunya dipakai untuk mendonorkan plasma PK.

"Sehingga dia pulang bisa membantu keluarganya, untuk diberikan semacam uang gitu. Sehingga keluarganya tidak merasa (keberatan), karena 2-3 jam itu kan lama. Belom antrenya," ujarnya.

Sementara itu, Pemkot Bekasi saat ini masih berupaya untuk menambah 1 alat donor PK untuk mempercepat proses donor darah konvalesen.

UTD PM Kota Bekasi hanya memiliki 1 alat yang dipergunakan maksimal hanya 5 orang per hari.

Baca juga: Orang Tanpa Gejala Penyintas Covid-19 Banyak yang Tak Lolos Tes Jadi Donor Plasma Konvalesen

Baca juga: Terbukti Efektif, Sekda Kota Bogor Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Padahal, kata Rahmat, cukup banyak penyintas Covid-19 di Kota Bekasi yang bersedia mendonorkan PK.

"Baru 1 unit, tadi saya sampaikan juga kita sedang mempersiapkan juga 1 unit. Karena kita ada 32.000 penyintas yang terdata kemarin terkonfirmasi positif Covid-19."

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved