Breaking News:

Penyintas Covid19

Penyintas Covid-19 Pegawai RSUD Kota Bekasi Donorkan Plasma Konvalesen

Penyintas Covid-19 yang merupakan pegawai di RSUD Chasbullah Abdulmajid (CAM) Kota Bekasi berpartisipasi memberikan donor plasma konvalesen.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kegiatan donor PK oleh pegawai RSUD Chasbullah Abdulmajid di UTD PMI Kota Bekasi, Senin (1/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Penyintas Covid-19 yang merupakan pegawai di RSUD Chasbullah Abdulmajid (CAM) Kota Bekasi berpartisipasi memberikan donor plasma konvalesen di UTD PMI Kota Bekasi, Senin (1/3/2021).

Direktur Utama RAUD CAM Kusnanto menjelaskan daei 1.630 total karyawan, terdapa 306 orang yang terpapar dalam kurun waktu 1 tahun sejak Maret 2020 lalu.

"Kami total ada sebanyak 1.630 karyawan yang ada di RSUD Chasbullah Abdulmadjid, terdiri dari tenaga medis dan non medis. Kemudian selama satu tahun ini yang terpapar Covid-19 ada sebanyak 306 orang dari yang terpapar itu yang sembuh ada sebanyak 295 orang," ungkap Kusnanto di lokasi.

Melihat begitu banyaknya pasien Covid-19 yang membutuhkan donor PK, pihaknya berinisiatif untuk menggelar acara donor guna mendongkrak ketersediaan stok PK.

Namun demikian, 295 orang pegawai tersebut diharuskan mengikuti tes sebelum plasma darahnya layak untuk didonorkan kepada pasien.

Baca juga: PMI Kota Bekasi Butuh Tambahan Alat Donor Plasma Konvalesen

Baca juga: Orang Tanpa Gejala Penyintas Covid-19 Banyak yang Tak Lolos Tes Jadi Donor Plasma Konvalesen

Baca juga: Polresta Bandara Soekarno-Hatta Gelar Kegiatan Screening Calon Pendonor Plasma Konvalesen

"Kemudian dari 295 orang itu nanti akan di screening untuk mengikuti donor plasma konvalesen, karena ada beberapa syarat yang memang syarat yang wajib bisa diikuti oleh pendonor darah plasma konvalesen," katanya.

Kusnanto menjelaskan karena keterbatasan alat, hanya terdapat 5 orang yang hari ini mengikuti proses screening donor PK.

"Tadi yang kita saksikan bersama adalah tenaga medis kita yang sedang di donor, ada 5 orang. Mudah-mudahan hasilnya bisa dibagi kepada penderita Covid 19, karena untuk satu pendonor itu punya 600 cc dan itu bisa dibagikan kepada 3 pasien," ujar Kusnanto.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspita Sari mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh RSUD CAM untuk mengikuti kegiatan donor PK.

"Saya sangat berterima kasih kepada RSUD Kota Bekasi, semoga bisa diikui oleh instansi lainnya," kata Ade.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved